Bukan Cuman Dewa 19! Ini 6 Band Ahmad Dhani yang Harus Kamu Tau!

Dalam perjalanan karier seorang musisi, wajar untuk memiliki side project di luar posisi utamanya dalam sebuah band. Sama seperti kebanyakan musisi lain, Ahmad Dhani juga memiliki banyak side project yang menghasilkan karya-karya luar biasa. Di luar Dewa 19, terdapat setidaknya 5 band Ahmad Dhani yang karya-karyanya terus eksis sampai sekarang.

Penasaran apa saja project sampingan Ahmad Dhani di luar Dewa 19? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Daftar 200 Lagu Ciptaan Ahmad Dhani: Kamu Pasti Belum Tahu!

Band Ahmad Dhani

Meski Dewa 19 kini aktif konser di seluruh Indonesia, grup musik legendaris ini pernah beberapa kali vakum dalam perjalanan kariernya. Nah, pada saat vakum tersebutlah sebagian besar band Ahmad Dhani tercipta. Untuk memahaminya secara lebih mendalam, yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 7 Anak Ahmad Dhani yang Jarang Diketahui Orang: Bukan Cuman Al, El, Dul!

1. Dewa 19

Band Ahmad Dhani yang pertama dan paling terkenal tentu saja Dewa 19. Pertama kali berdiri pada tahun 1986, Dhani adalah huruf D di dalam akronim nama Dewa 19. Mulai dari penulis lagu, produser, hingga komposer, kontribusi Ahmad Dhani di dalam grup musik legendaris ini tidak perlu diragukan lagi.

Melalui standar musik tinggi milik Ahmad Dhani, Dewa 19 berhasil meraih popularitas yang luar biasa. Album musik Dewa 19 telah terjual hingga lebih dari satu juta keping dengan puluhan lagu hits di dalamnya yang masih terus diputar hingga kini. Di dalam grup Dewa 19, Ahmad Dhani memainkan keyboard dan merupakan pemimpin di grup musik ini.

2. Ahmad Band

Pada tahun 1998, Dewa 19 sempat vakum lantaran dua personelnya saat itu, Ari Lasso dan Erwin Prasetya ketergantungan narkoba. Akibatnya, banyak tawaran konser yang harus ditolak dan album musik yang mereka garap tidak kunjung selesai. Namun, setelah Dewa 19 akhirnya memutuskan untuk vakum, di situlah perjalanan Ahmad Band sebagai side project Ahmad Dhani dimulai.

Baca juga:  10 Lagu Jazz Indonesia Paling Populer yang Harus Kamu Putar!

Meski usianya tidak panjang (1998-1999), band Ahmad Dhani ini berhasil merilis beberapa single yang cukup meledak pada masanya yaitu “Aku Cinta Kau dan Dia” serta “Sudah”. Bahkan, hingga kini dua lagu tersebut masih banyak diputar oleh para pencinta musik di Indonesia.

Sepanjang perjalanan kariernya, grup musik ini hanya mampu merilis satu album yang diberi tajuk Ideologi, Sikap, Otak, pada 20 Juni 1998 lalu. Setelah itu, Ahmad Dhani kembali vokus dengan proyek utamanya, Dewa 19, yang kembali bermusik dengan formasi baru pada tahun 2000.

3. T.R.I.A.D

Band Ahmad Dhani selanjutnya adalah T.R.I.A.D yang pada saat pertama kali dibentuk pada tahun 2007 bernama The Rock. Grup musik ini merupakan proyek sampingan hasil kolaborasi Ahmad Dhani dengan band underground asal Australia, Fire Shark. Namun, ketika menggarap proyek ini Dhani memutuskan untuk tidak keluar dari Dewa 19 dan para anggota Fire Shark juga tidak keluar dari bandnya.

Pada saat masih bernama The Rock, grup musik ini berhasil merilis satu album musik bertajuk Master Mister Ahmad Dhani I yang lagi-lagi berhasil menelurkan karya hits. Beberapa hit di dalam album tersebut di antaranya adalah “Munajat Cinta” dan “Kamu-Kamulah Surgaku”.

Pada tahun 2010, The Rock akhirnya berubah nama menjadi T.R.I.A.D dengan personel Ahmad Dhani, Ikmal, Icez, Mitha, dan Tharaz. Hingga kini, T.R.I.A.D masih terus aktif bermusik dan bisa ditemukan pada beberapa konser spektakuler Dewa 19.

4. MahaDewa

Pada tahun 2011, Dewa 19 harus kembali vakum setelah Once memutuskan untuk mundur dari band dan mulai bersolo karier. Lagi-lagi, untuk mengisi masa vakum tersebut Ahmad Dhani membuat side project, kali ini diberi nama Mahadewa.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Tulungagung yang Wajib Dibawa Pulang

Dalam sebuah wawancara, Ahmad Dhani pernah menjelaskan kalau grup musik barunya tersebut memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dari Dewa 19, mulai dari genre hingga aransemen. Dhani juga menjelaskan bahwa hanya personil yang membedakan MahaDewa dengan Dewa 19.

Saat pertama kali debut, band Ahmad Dhani ini memiliki 6 personel yaitu Judika sebagai vokalis, Ahmad Dhani pada keyboard, Andry Franzy dan Vega Antares sebagai gitaris, Wawan TMG pada bas dan Ikmal Tobing pada drum. MahaDewa aktif bermusik pada tahun 2011-2016 dan berhasil menelurkan beberapa karya hits seperti “Immortal Love Song” dan ”Cinta Itu Buta”.

5. Ahmad Dhani Electric Band

Tidak berhenti sampai MahaDewa, pada tahun 2022 kemarin Ahmad Dhani juga meluncurkan grup musik baru yang ia beri nama Ahmad Dhani Electric Band. Grup musik tersebut pertama kali diluncurkan pada gelaran Pestapora tanggal 23 September 2022 lalu.

Belum banyak karya yang dipublikasikan oleh grup musik ini, pada beberapa penampilannya, Ahmad Dhani Electric Band membawakan lagu-lagu Dewa 19 yang telah diaransemen ulang dengan nuansa khas electric band. Meskipun begitu, grup musik baru ini tetap laris di pasaran dan rutin tampil di berbagai kota di Indonesia.

6. Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra

Pertama kali dirilis pada November 2022, band Ahmad Dhani selanjutnya yang harus kamu tau adalah Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra. Berbeda dengan side project Ahmad Dhani yang lainnya, grup musik ini khusus membawakan lagu-lagu orkestra.

Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra telah sukses melangsungkan pertunjukan bertajuk “A Night At The Orchestra” sebanyak lima chapter, yang terbaru mereka menggelarnya di Malaysia. Keren banget, kan?

Sama seperti side project Ahmad Dhani sebelumnya, grup musik ini juga belum mempublikasikan banyak karya. Satu-satunya musik yang telah mereka publikasikan adalah ketika Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra membawakan lagu “Bolero”.

Baca juga:  10 Cafe di Manado yang Bagus: Kekinian dan Instagramable!

Apa Band Ahmad Dhani Favoritmu?

Itu dia deretan band Ahmad Dhani yang harus kamu tahu mulai dari Dewa 19 sampai yang terbaru Ahmad Dhani Philharmonic Orchestra. Nah, dari beberapa side project yang sudah dijelaskan sebelumnya mana nih yang jadi favorit kamu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk tonton berbagai konser spektakuler Ahmad Dhani dengan beli tiketnya dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

 

 

 

 

Must Read

Related Articles