Apa Itu Konser Virtual? Pengertian, Sejarah, dan Kelebihannya

Kehadiran teknologi dan pandemi COVID-19 berhasil mendorong industri musik untuk menjadi semakin kreatif. Salah satu tren terbaru di industri musik yang lahir lantaran kondisi pandemi kemarin adalah konser virtual. Tren ini banyak digandrungi oleh para pencinta musik maupun musisi di seluruh dunia karena memungkinkan mereka untuk mendapatkan sensasi live music sambil tetap mengikuti protokol kesehatan.  

Meski sangat populer ketika pandemi, di kondisi normal seperti sekarang pun tren konser virtual masih tetap bertahan. Nah, untuk mengetahui apa itu konser virtual, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini. 

Sejarah konser virtual 

Meski menjadi populer ketika pandemi, sebenarnya sejarah konser virtual telah dimulai jauh sebelum itu. Pada tahun 90an, perusahaan musik Korea Selatan SM Entertainment bereksperimen dengan menggelar pertunjukan holografik untuk boy band HOT. Melalui eksperimen tersebut, SM Entertainment berharap bisa menampilkan band di banyak tempat tanpa perlu menghadirkan bandnya secara fisik. Namun, sayangnya eksperimen tersebut gagal dan baru satu dekade kemudian konser virtual sukses diselenggarakan di Korea Selatan. 

Selain itu, sejarah konser virtual juga diwarnai dengan lahirnya band Gorillaz garapan mantan pentolan Blur Damon, Albarn,pada 1998 lalu. Grup band ini beranggotakan empat karakter animasi yaitu 2D, Murdoc Niccals, Noodle, dan Russel Hobbs. Meski Albarn dan bandnya hadir untuk konser, penampilan dan video musik mereka berhasil membuat empat karakter animasinya seolah memegang kendali.

Setelah berbagai eksperimen tersebut, akhirnya perkembangan teknologi dan internet berhasil menyukseskan konsep konser virtual di seluruh dunia. Ada banyak sekali platform streaming konser virtual terbaik yang bisa kamu gunakan seperti Videolegend.tv, YouTube, Twitch, dan masih banyak lagi. Berbagai fitur yang ada di sosial media juga memungkinkan artis untuk melangsungkan konser melalui fitur “live streaming”. 

Baca juga:  10 Lagu Yura Yunita Terbaru dan Paling Viral 2024

Apa itu konser virtual? 

Dalam perkembangannya, saat ini konser virtual dikenal sebagai bentuk pertunjukan musik yang dapat diakses secara online melalui komputer maupun perangkat seluler. Pada sebuah konser virtual, artis akan melangsungkan penampilan di depan beberapa kamera sambil disiarkan secara langsung ke perangkat penggemar. Pada beberapa kasus, konser virtual bahkan dibangun dengan teknologi virtual reality atau augmented reality sehingga penonton bisa mendapatkan pengalaman yang lebih realistis dan interaktif. 

Konser virtual sangat populer karena menjadi cara baru bagi artis untuk menjangkau penggemarnya yang tidak bisa hadir ke dalam konser. Melalui inovasi ini, para artis juga bisa menghemat waktu dan biaya untuk bisa menyajikan penampilan terbaik kepada para penggemarnya. 

Sementara itu, dari sisi penggemar mereka mendapatkan kemudahan akses untuk menonton konser virtual di mana pun mereka berada. Baik di rumah, kantor, atau saat sedang bepergian, konser virtual masih bisa dinikmati melalui perangkat yang tersambung dengan koneksi internet.

Selain diramaikan oleh penyanyi-penyanyi kelas dunia, sejumlah musisi dan band di Indonesia juga tercatat pernah melangsungkan konser virtual. Beberapa di antaranya adalah Dewa 19, Nadin Amizah, Pamungkas, dan juga Isyana Sarasvati. 

Kelebihan Konser Virtual 

Sebagai sebuah tren baru di industri musik, konser virtual memiliki sejumlah kelebihan. Pertama, konser virtual memudahkan akses bagi penggemar karena bisa diakses melalui internet dari mana saja. Kedua, para penggemar tidak terbatas oleh waktu dan tempat karena konser virtual bisa ditonton sesuai waktu dan jadwal yang tersedia, serta bisa diakses berkali-kali melalui rekaman ulang. Kehadiran konser virtual juga memberikan kesempatan bagi para penggemar yang berada di luar negeri untuk menikmati konser musik tanpa harus pergi ke tempat konser secara fisik.  

Baca juga:  Makna Lagu Nina - .Feast: Tentang Kasih Sayang Orang Tua

Selain itu, karena bisa diakses dari mana saja, konser virtual memberikan pilihan artis dan genre musik yang lebih beragam, sehingga para pencinta musik bisa mengakses berbagai acara musik dari seluruh dunia yang sebelumnya sulit dijangkau. Dengan sejumlah kelebihan tersebut, konser virtual menjadi solusi alternatif yang menarik bagi para penggemar musik untuk menikmati konser favorit mereka secara lebih mudah, efisien, dan praktis. 

Meski pengalaman yang ditawarkan tidak akan sama dengan konser langsung, tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi menonton konser virtual artis favoritmu. Untuk mendapatkan tiket konser yang murah, cepat, dan aman, cek halaman dewatiket.id sekarang juga! 

Must Read

Related Articles