Apa Itu Earworm? Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya!

Setelah memahami apa itu earworm dan beberapa penyebabnya, kamu juga mungkin ingin tahu bagaimana cara menghilangkan earworm yang tidak nyaman. Masih melansir laman Sound Of Life, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Baca juga: Apa Itu Pentas Seni? Pengertian, Tujuan, Ide, dan Cara Membuatnya!

1. Jangan Terlalu Sering Mendengarkan Lagu

Pencegahan lebih mudah daripada mengobati earworm. Jadi, meskipun sebuah lagu sangat menarik, hindari mendengarkannya berulang kali, terutama jika lagunya mudah dinyanyikan atau memiliki melodi catchy.

2. Dengarkan Lagu Sampai Selesai

Mendengarkan lagu hingga selesai mengurangi celah informasi yang mungkin coba diisi oleh otak Anda nanti. Ini juga mencegah Efek Zeigarnik, di mana otak cenderung mengingat tugas yang terputus hingga selesai.

3. Dengarkan Lagu Lain

Setelah mendengarkan lagu earworm hingga selesai, coba dengarkan lagu lain yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Hal ini bisa mengalihkan aktivitas otakmu dari earworm.

Beberapa lagu yang direkomendasikan sebagai “penyembuh” adalah lagu bertempo lambat, lagu selamat ulang tahun, dan musik instrumental.

4. Kunyah Permen Karet

Jika sudah terkena earworm, cobalah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet bisa mengganggu “program motor artikulasi” yang terkait dengan musik, sehingga mengurangi pikiran musik yang tidak diinginkan.

5. Biarkan Saja

Mencoba menghilangkan pikiran sering kali justru membuat otak lebih fokus pada pikiran tersebut. Dalam kasus earworm, memikirkan cara untuk menghilangkannya justru membuat otak terus mengingat lagu itu. Earworm biasanya hilang dengan cepat jika kita tidak terlalu memikirkannya.

Baca juga:  Makna Lagu Nina - .Feast: Tentang Kasih Sayang Orang Tua

Sudah Tahu Apa Itu Earworm?

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu earworm yang merujuk pada kondisi ketika sebuah lagu terus terngiang-ngiang di otak. Kamu pernah mengalami kondisi tersebut nggak, nih?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiket konser dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles