Apa Itu Earworm? Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya!

Setelah mengetahui apa itu earworm, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi. Melansir laman Sound Of Life, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Baca juga: Apa Itu Skena? Istilah Viral yang Harus Pencinta Musik Tahu!

1. Pembentukan Jaringan Syaraf

Agar sebuah lagu bisa menjadi enak didengar, otak kita perlu membentuk serangkaian jaringan saraf. Jaringan ini terbentuk antara bagian-bagian otak yang bertugas memproses memori, persepsi, emosi, dan pikiran. Setelah terbentuk, jaringan ini dapat “dipicu” dengan mendengarkan lagu yang mudah diingat atau oleh hal-hal lainnya.

2. Otak Kamu Sedang Mencoba Menutup Kesenjangan

Terkadang otak kita terjebak dalam suatu lingkaran saat mencoba menutup celah informasi. Celah pada auditory cortex (bagian otak yang memproses dan mengartikan suara) dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Hingga informasi yang dibutuhkan ditemukan dan diproses, otak akan terus memutar lagu tersebut.

3. Mendengarkan Lagu Berulang-Ulang

Saat kita mendengarkan lagu berulang kali, otak memprioritaskan informasi suara ke loop fonologis di auditory cortex. Loop fonologis ini “didedikasikan untuk memori kerja” dan memiliki penyimpanan fonologis yang menyimpan informasi verbal sementara. Proses ini menyebabkan pikiran kita mengulang-ulang sebuah lagu atau bagian dari lagu.

4. Berkaitan Dengan Kondisi Emosional

Earworm bisa terjadi tergantung pada kondisi emosional kita. Earworm lebih mungkin terjadi jika kita mengasosiasikan sebuah lagu dengan suasana hati yang positif atau jika lagu tersebut memiliki makna pribadi. Lagu yang mengingatkan kita pada peristiwa masa lalu yang bermakna atau kenangan positif lebih mungkin menjadi earworm.

Meskipun earworm biasanya tidak dikaitkan dengan emosi negatif, hal ini bisa terjadi setelah mengalami emosi negatif dalam jangka waktu yang lama.

5. Struktur Sebuah Lagu

Struktur lagu juga memengaruhi potensinya menjadi earworm. Lagu dengan tempo yang cepat, melodi khas dan menarik, serta pengulangan atau interval yang tidak biasa lebih mungkin menjadi earworm. Bagian-bagian yang mudah diingat ini sering kali menyebabkan earworm.

Baca juga:  17 Cafe di Solo yang Instagramable dan Punya Live Music!

Cara Menghilangkan Earworm

Must Read

Related Articles