12 Amalan Bulan Ramadhan Terbaik: Berkah dan Mudah Dilakukan!

Dengan semua keberkahan dan pintu ampunan yang dibuka, momen Ramadhan bisa menjadi kesempatan untuk memperbanyak ibadah kita. Nah, untuk mendapatkan keberkahan, terdapat beberapa amalan bulan Ramadhan bebas ribet yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini!

Baca juga: 10 Lagu Ramadhan 2024 Terbaik: Ada Opick dan Wali!

Amalan Bulan Ramadhan Terbaik

Selama bulan Ramadhan, berbagai ibadah mendapatkan ganjaran pahala berkali-kali lipat. Ada banyak sekali amalan yang bisa kita lakukan di bulan ini. Namun, kalau kamu ingin memulai dari yang sederhana, berikut ini adalah beberapa pilihannya:

Baca juga: 10 Lagu Opick Terbaru 2024: Paling Hits dan Bikin Tenang!

1. Makan Sahur

Umat Islam disarankan untuk makan sahur sebelum memulai puasa, idealnya menjelang akhir waktu malam, selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan: apakah masih malam atau sudah terbit fajar. Ini berlandaskan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan:

“Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Berbuka puasa secepatnya saat waktu Maghrib tiba adalah amalan bulan Ramadhan yang mudah dilakukan selanjutnya. Cara terbaik untuk berbuka adalah dengan makan kurma.

“Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).

Jika kurma tidak ada, minumlah air karena air itu bersih dan menyegarkan. Berikut urutan berbuka yang disarankan:

  1. Mulailah dengan kurma segar jika ada.
  2. Jika tidak ada kurma segar, gunakan kurma kering.
  3. Jika kurma tidak tersedia sama sekali, berbukalah dengan air.

Nabi Muhammad SAW juga berbuka puasa dengan cara ini, menunjukkan pentingnya mengikuti urutan tersebut. Dan, jika tidak ada kurma atau air, tapi ada madu atau susu, pilihlah madu untuk berbuka meskipun sama-sama manis.

Baca juga:  10 Lagu Billie Eilish Terbaru 2024 yang Harus Kamu Tahu

3. Memperbanyak Doa dan Membaca Doa Saat Berbuka Puasa

Abu Hurairah meriwayatkan sebuah hadis yang menyebutkan tiga jenis doa yang selalu dikabulkan oleh Allah: doa orang yang sedang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang berlaku adil, dan doa orang yang dizalimi.

Baca juga: Konser Dewa 19 di Tegal 2024 Setelah Lebaran: Harga Tiket, Line Up, dan Lokasinya!

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (Hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Karena itu, manfaatkan bulan Ramadan untuk memperbanyak doa, dengan keyakinan bahwa Allah akan mengabulkannya.

4. Mandi Besar

Amalan bulan Ramadhan terbaik dan mudah dilakukan selanjutnya adalah melakukan mandi besar. Ketika Ramadhan tiba, dianjurkan untuk melakukan mandi besar sebelum fajar menyingsing agar bersih dari junub, haid, atau nifas, sehingga kamu bisa menjalankan puasa dalam kondisi suci.

Sebaiknya, mandi ini dilaksanakan sebelum imsak untuk menghindari risiko air masuk ke dalam mulut, telinga, anus, dan sejenisnya.

5. Menjaga Ucapan

Menurut sebuah hadis yang disampaikan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW mengajarkan bahwa puasa tidak sekadar menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga mencakup menahan diri dari berkata sia-sia dan kasar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga ucapan agar tetap sopan dan bermakna.

“Puasa adalah tameng, maka apabila salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah dia berkata kotor dan janganlah bertengkar dengan mengangkat suara. Jika dia dicela dan disakiti maka katakanlah saya sedang berpuasa.” (Shahih, HR. Muslim).

Baca juga:  5 Lagu Salma Salsabil Terbaru 2024, Viral Semuaaa!

6. Menghindari Hal-hal yang Tidak Sejalan Dengan Hikmah Puasa

Amalan bulan Ramadhan tidak selalu harus berupa sebuah tindakan yang memerlukan banyak waktu atau effort tinggi, karena sesederhana menghindari hal-hal tidak sejalan dengan hikmah puasa juga sudah termasuk amalan yang baik.

Beberapa hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa dan kerap ditemui antara lain seperti berbuka puasa sampai perut kekenyangan, atau melakukan segala sesuatu yang bertujuan untuk memuaskan nafsu. Ingat, bahwa puasa bukan cuman sekedar menahan lapar dan haus, melainkan menjaga nafsu dari segala perbuatan yang tidak baik.

7. I’tikaf di Masjid

I’tikaf merupakan praktik berdiam diri di masjid untuk merenung dan mendekatkan diri kepada Allah, serta melakukan intropeksi perbuatan kita. Idealnya, I’tikaf berlangsung selama sebulan penuh. Namun, jika tidak memungkinkan, disarankan untuk mengutamakan sepuluh hari terakhir, karena di antaranya terdapat malam Lailatul Qadar.

8. Membaca Al-Qur’an

Bulan Ramadan adalah saat Al-Qur’an diturunkan, oleh karena itu, membaca dan mengaji Al-Qur’an merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan selama bulan puasa. Hal ini juga sesuai dengan hadis Bukhari yang menjelaskan keistimewaan tadarus di bulan Ramadhan.

“Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220)

9. Memperbanyak Zikir

Zikir merupakan salah satu amalan yang sangat mudah untuk dilakukan di manapun dan kapanpun tanpa memerlukan persiapan khusus atau tempat ibadah tertentu. Seperti halnya membaca Al-Qur’an, memperbanyak zikir juga sangat disarankan selama 10 hari awal di bulan Ramadan.

10. Memperbanyak Sedekah dan Berbagi

Orang yang berpuasa dianjurkan untuk lebih banyak melakukan sedekah, khususnya dengan memberikan makanan atau minuman unutk berbuka puasa. Hal ini karena memberikan makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa merupakan amalan bulan Ramadhan yang ganjaran pahalanya sangat besar.

Baca juga:  Makna Lagu Terimakasih - Hal: Menerima Kenyataan Cinta

“Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut,” (HR Ahmad).

11. Qiyam Ramadhan

Qiyam Ramadhan adalah istilah lain dari salat tarawih yang dilakukan setelah salat isya selama bulan Ramadhan. Salat malam ini memiliki keutamaan, yaitu dosa-dosa kita yang lalu akan diampuni oleh Allah SWT.

“Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu. (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759).

12. Istiqamah Dalam Beribadah

Mempertahankan keistiqamahan dalam beribadah selama bulan Ramadhan adalah sebuah komitmen yang mulia, di mana kita dituntut untuk konsisten dalam melaksanakan ibadah dan amalan-amalan sunnah yang kita jalani.

Selain itu, menjaga konsistensi ibadah dan amal baik setelah bulan Ramadhan juga sama pentingnya, sebagai bukti ketulusan dalam menjaga perintah agama.

Sudah Siap Memperbanyak Amal Di Bulan Ramadhan?

Nah, itu dia beberapa amalan bulan Ramadhan terbaik yang penuh berkah dan sangat mudah untuk dilakukan. Jadi, mulai dari makan sahur, menyegerakan berbuka puasa, memperbanyak baca doa, hingga istiqamah dalam beribadah, sudah siap melakukannya belum, nih?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser setelah Lebaran dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles