Apa Itu Earworm? Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya!

Pernah terngiang-ngiang sebuah lagu dalam waktu yang lama? Bisa jadi, kamu sudah terkena earworm! Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut apa itu earworm, penyebab, dan cara mengatasinya, yuk, simak penjelasan lengkap berikut ini!

Baca juga: PCD Konser: Pengertian, Gejala, dan Cara Mengatasinya!

Apa Itu Earworm?

Earworm adalah istilah yang diciptakan oleh orang Jerman lebih dari 100 tahun yang lalu untuk menggambarkan pengalaman lagu yang terus terngiang di otak. Para ilmuwan juga menyebutnya “stuck tune syndrome” atau “musical imagery repetition.”

“Biasanya earworm adalah potongan musik pendek, sekitar tiga atau empat bar, yang berulang-ulang,” kata Dr. Oliver Sacks, seorang ahli saraf dan penulis yang mempelajari musik dan otak, dilansir dari laman The Kenedy Center. “Ini adalah bentuk imajinasi musik yang tidak terkendali dan bisa sangat mengganggu.”

Para penulis lagu tahu banyak trik untuk menciptakan earworm, tetapi menghentikannya adalah hal yang sulit. Orang yang mengalami earworm mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya.

Ada yang mencoba menggantinya dengan lagu lain, ada yang menyanyikan lagu earworm sampai selesai, dan ada juga yang melakukan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun, sebuah studi justru menemukan bahwa semakin keras orang berusaha menghilangkan earworm, semakin lama earworm tersebut bertahan.

Baca juga:  10 Lagu Yura Yunita Terbaru dan Paling Viral 2024

Penyebab Earworm

Must Read

Related Articles