10 Band Indie Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu!

Pada tahun 2024 ini, berbagai band indie terutama dari subgenre rock masih berhasil mempertahankan popularitas mereka di tengah gempuran musisi-musisi dari label besar. Penasaran siapa saja band indie terbaik di dunia? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

Baca juga: 15 Band Rock Indonesia Terbaik: Ada Dewa 19 hingga Cokelat!

Band Indie Terbaik di Dunia

Dari banyaknya band indie, terdapat beberapa grup musik yang sangat legendaris dan meledak di pasaran. Melansir laman Audio Network, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: 10 Studio Musik Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

1. Oasis

Band indie terbaik di dunia, Oasis
Foto: Instagram/spotifyuk dan oasis

Oasis adalah grup indie-rock terbesar sepanjang masa dengan penjualan album mencapai 40 juta kopi di seluruh dunia. Band ini dibentuk oleh dua saudara, Noel dan Liam Gallagher, yang dikenal dengan hubungan kreatif mereka yang penuh konflik.

Band asal Manchester ini mendominasi dunia musik selama 18 tahun, dimulai dari awal tahun 90-an.

Di antara banyak penghargaan yang mereka raih, Oasis memenangkan dua Ivor Novello dan enam BRIT Awards. Salah satu BRIT Awards tersebut diberikan untuk album terbaik sejak tahun 1980, yaitu mahakarya mereka tahun 1995, (What’s The Story) Morning Glory.

2. The Cure

The Cure
Foto: Instagram/thecure

Sedikit band indie yang memiliki daya tarik abadi seperti The Cure. Dibentuk di Crawley pada tahun 1978, salah satu band indie terbaik di dunia ini masuk ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2019 dan dianggap sebagai pengaruh utama bagi artis-artis beragam seperti Nine Inch Nails, Deftones, dan Phoebe Bridgers.

Menghipnotis pendengar dengan campuran melodis yang dalam dari gothic rock, post-punk, dan new wave, band yang dipimpin oleh Robert Smith ini telah menjual lebih dari 30 juta album di seluruh dunia, dan mereka akan segera merilis album studio ke-14 mereka, Songs Of A Lost World.

3. Radiohead

Band indie terbaik di dunia, Radiohead
Foto: Instagram/radiohead

Radiohead dibentuk pada tahun 1985 saat para anggotanya masih bersekolah di Abingdon, Oxford. Band ini dikenal sebagai salah satu band indie terbaik di dunia sepanjang masa.

Dengan sembilan album studio yang dirilis, Radiohead yang dipimpin oleh Thom Yorke telah mengalami evolusi besar dalam musik mereka. Mulai dari suara alternatif yang penuh emosi di album Pablo Honey dan The Bends, hingga seni rock yang terinspirasi dari prog di OK Computer, IDM di Kid A, dan folk di A Moon Shaped Pool.

Pendekatan beragam ini juga membuahkan hasil secara komersial: hingga saat ini, mereka telah menjual lebih dari 21 juta album termasuk sembilan juta di AS dan 5,3 juta di Inggris, serta memiliki lebih dari 27 juta pendengar bulanan di Spotify.

4. Florence + The Machine

Florence + The Machine
Foto: Instagram/florenceandthemachine

Sejak 2009, Florence Welch telah menjual lebih dari 8,1 juta album, menjadikannya artis solo indie paling sukses di Inggris. Dengan gaya musik khas yang menggabungkan citra magis realistis dan paduan suara yang megah, Florence telah meraih penghargaan BRIT dan Ivor Novello, serta menjadi penampil utama di Glastonbury pada tahun 2015.

5. Arctic Monkeys

Band indie terbaik di dunia, Arctic Monkeys
Foto: Instagram/arcticmonkeys

Dari indie-rock hingga sophisti-pop, dalam dua dekade Alex Turner dan teman-temannya telah menjadi salah satu band indie terbaik di dunia, dengan penjualan album yang membuktikannya. Hingga saat ini, mereka telah menjual lebih dari 8 juta album, termasuk 1,5 juta di Amerika Serikat dan 5,6 juta di Inggris melalui label indie ternama, Domino.

Album terbaru mereka, The Car, mendapatkan nominasi untuk Mercury Prize tahun lalu. Namun, album mereka yang paling sukses tetaplah AM yang dirilis pada tahun 2013.

Baca juga:  10 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama [Beserta Harganya]

6. The White Stripes

Must Read

Related Articles