10 Studio Musik Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Pabrik dari lagu-lagu terbaik sepanjang masa adalah studio rekaman. Setiap band dan musisi punya tempatnya masing-masing untuk meracik dan memproduksi karya-karya mereka. Nah, jika kamu penasaran dengan deretan studio musik terbaik di dunia, berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Baca juga: Mengenal Musik Jazz: Pengertian, Sejarah, dan Tokoh Besarnya

Studio Musik Terbaik di Dunia

Dari banyaknya tempat rekaman, terdapat beberapa studio yang sangat monumental dan menjadi tempat lahirnya karya-karya musik paling hit sepanjang masa. Melansir laman Audio Network, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: Apa Itu Skena? Istilah Viral yang Harus Pencinta Musik Tahu!

1. Abbey Road Studios

Studio Musik Terbaik di Dunia, Abbey Road Studios
Foto: abbeyroad.com

Abbey Road Studios adalah salah satu studio musik paling terkenal di dunia, dan markas bagi banyak band pop inovatif. Awalnya dibangun sebagai rumah besar pada tahun 1829, kemudian dibeli oleh Gramophone Company pada tahun 1928 untuk dijadikan studio proyek.

Mereka mendirikan studio profesional pertama di dunia yang dibangun khusus untuk rekaman, dan bergabung dengan Columbia Gramophone Company membentuk Electrical and Musical Industries (EMI Studios).

Pada tahun 1970, studio musik terbaik di dunia ini berganti nama menjadi Abbey Road Studios setelah album legendaris The Beatles. Pada tahun 2012, Universal Music Group mengambil alih EMI dan menjadi pemilik baru Abbey Road Studios.

Rekaman awal di Abbey Road adalah musik jazz dan swing. Namun, studio ini terkenal karena menjadi tempat rekaman banyak ikon musik dunia. Studio Two menjadi legendaris karena merekam album-album The Beatles seperti Please Please Me, The White Album, Revolver, dan A Hard Day’s Night, serta banyak lainnya.

2. AIR Studios

AIR Studios
Foto: airstudios.com

AIR Studios di London telah menjadi tempat rekaman album terkenal seperti A Head Full of Dreams dari Coldplay, OK Computer dari Radiohead, dan 21 dari Adele. Studio musik terbaik di dunia ini juga digunakan oleh artis komersial sukses seperti Dua Lipa, Katy Perry, Jake Bugg, dan Ellie Goulding, serta artis indie seperti The xx.

Didirikan pada tahun 1969 oleh produser visioner Sir George Martin, AIR adalah studio independen pertama. Awalnya terletak di Oxford Circus, studio ini pindah ke Lyndhurst Hall pada tahun 1992 dan mulai fokus pada skor film sinematik.

Lyndhurst Hall, yang baru saja direnovasi dengan indah, dapat menampung orkestra 60-70 pemain dan menjadi pilihan favorit komposer Hollywood, band rock, dan bintang pop. Studio 1 dapat menampung hingga 45 musisi yang cocok untuk band.

3. Muscle Shoals

Muscle Shoals
Foto: grouptourmagazine

Muscle Shoals Sound Studio (MS Sound) adalah studio legendaris yang didirikan oleh Jimmy Johnson bersama tiga temannya pada tahun 1969. Studio ini berperan penting dalam mendefinisikan suara Southern Soul.

Banyak musisi terkenal yang pernah merekam di sini, seperti Aretha Franklin, The Rolling Stones, Willie Nelson, Wilson Pickett, Lynyrd Skynyrd, The Allman Brothers, Cher, Linda Ronstadt, Bob Seger, Rod Stewart, dan George Michael.

Album keenam Cher, 3614 Jackson Highway, menjadi nama tidak resmi studio ini. Studio aslinya ditutup pada tahun 1979 dan pindah ke fasilitas yang lebih besar dan modern di 1000 Alabama Avenue.

Baca juga:  15 Lagu Last Child Terbaru 2024: Lagi Viral Banget!

4. Synchron Stage

Must Read

Related Articles