7 Venue Konser Terbesar di Indonesia: Kapasitas dan Lokasinya!

Indonesia punya banyak tempat nonton konser yang megah dengan kapasitas mencapai 77 ribu penonton! Dari Jakarta hingga Bali, negeri ini dipenuhi dengan venue konser yang menawarkan tempat megah dengan berbagai fasilitas canggih di dalamnya. Penasaran apa saja venue konser terbesar di Indonesia? Berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: Tips Persiapan Nonton Konser: Ini 7 Barang yang Harus Dibawa!

Venue Konser Terbesar di Indonesia

Venue konser adalah tempat di mana pertunjukan musik live, seperti konser dan pertunjukan musik lainnya. Tempat-tempat ini dirancang khusus untuk menyelenggarakan acara-acara live dengan mengakomodasi penonton, memastikan kenyamanan, keamanan, dan menyediakan infrastruktur teknis yang dibutuhkan.

Saat ini, terdapat beberapa venue konser terbesar di Indonesia yang mampu menampung hingga puluhan ribu penonton. Berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: Surat Kuasa Tiket Konser: File PDF dan Panduan Mengisinya!

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) – Jakarta

Venue Konser Terbesar di Indonesia, SUGBK
Foto: Maps/Didit Aja

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta adalah venue konser terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 77.193 penonton. Dengan fasilitas modern dan lokasi strategis di ibu kota, SUGBK menjadi tempat pilihan utama sebagai tempat penyelenggaraan konser-konser internasional dan acara hiburan skala besar di Indonesia.

Baca juga: Jadwal Konser Dewa 19 2023: Catat Tanggalnya! [Terbaru]

Selain itu, kini SUGBK telah didukung oleh pencahayaan 3.500 lux yang hemat energi dan mampu memberikan pengalaman konser tidak terlupakan. Lokasi venue konser ini terletak di Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, DKI Jakarta.

2. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) – Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
Foto: Instagram/gwkbali

Terletak di Bali, Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah tempat nonton konser terbesar kedua di Indonesia dengan kapasitas hingga 75 ribu orang. Patung GWK yang menjulang tinggi menjadi ikon yang memberikan suasana megah pada taman budaya ini.

Baca juga:  15 Lagu Ari Lasso Terbaru yang Harus Kamu Tahu

Meskipun belum terlalu terkenal, Taman Budaya GWK telah berhasil menyelenggarakan acara besar seperti Djakarta Warehouse Project (DWP 2018). Setiap akhir tahun, venue konser yang berlokasi di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali ini juga rutin melangsungkan pesta pergantian tahun yang sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Indonesia Convention Exhibition (ICE) – Tangerang

Venue konser terbesar di Indonesia, Indonesia Convention Exhibition
Foto: Instagram/ice_indonesia

Berada di dekat kota Jakarta, Indonesia Convention Exhibition (ICE) adalah venue konser terbesar di Indonesia yang selanjutnya. Terletak di Kabupaten Tangerang, venue konser ini mampu menampung 5.000 – 18.000 penonton dalam satu kali penyelenggaraan acara.

Baca juga: Jadwal ICE BSD 2023: Banyak Konser dan Pameran Seru! [Update]

Mereka baru dibuka pada tahun 2015 lalu dan merupakan salah satu pilihan tempat bagi konser-konser spektakuler artis dalam negeri dan mancanegara. Kalau kamu berencana untuk nonton konser di sana, alamat ICE berada di Jl. BSD Grand Boulevard No.1, Pagedangan, Kec. Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

4. Jakarta Convention Center – Jakarta

Jakarta Convention Center
Foto: Maps/Mochamad Maulana Santoso

Kembali ke kota Jakarta, tempat nonton konser terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Jakarta Convention Center dengan kapasitas mencapai 15.000 penonton. Berlokasi di pusat kota, JCC menjadi venue konser favorit berkat aksesnya yang mudah dan cepat.

Selain itu, mereka juga pernah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara besar kenegaraan KTT Asean 2023. Kalau kamu penasaran, venue konser ini bisa kamu kunjungi di Jl. Gatot Subroto No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, DKI Jakarta.

5. Jakarta International Expo (JIExpo) – Jakarta

Venue konser terbesar di Indonesia, Jakarta International Expo
Foto: Instagram/jiexpo_id

Satu lagi venue konser terbesar di Indonesia yang sangat populer adalah Jakarta Internasional Expo (JIExpo) di Jakarta. Dengan luas area dan berbagai hall yang tersedia, JIExpo sangat diminati oleh promotor musik. Kapasitasnya mencakup 5.000 hingga 12.000 penonton, menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai acara konser, termasuk pertunjukan artis-artis internasional.

Baca juga:  10 Kolam Renang di Bandung Terbaru yang Bagus dan Murah

Baca juga: Jadwal JIExpo 2023: Banyak Pameran dan Konser Seru!

Venue konser ini bisa dengan mudah kamu temui di Jl. Benyamin Suaeb, RT.13/RW.7, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

6. Sentul International Convention Center (SICC) – Bogor

Sentul International Convention Center
Foto: Maps/Maman Abdurahman

Berdiri di area seluas 22.000 meter persegi, tempat nonton konser terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor. Meskipun berada di luar pusat kota, akses ke SICC sangat mudah melalui jalan tol.

Dengan kapasitas hingga 12.000 penonton, banyak artis internasional terkenal seperti Justin Bieber, Shawn Mendes, Katy Perry, Celine Dion, dan lain-lain telah menggelar konser mereka di sini. Untuk lokasinya sendiri, SICC terletak di Jl. Jend. Sudirman No.1, Cipambuan, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

7. Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS – Solo

Venue konser terbesar di Indonesia, Edutorium UMS
Foto: Maps/fashya febriana

Venue konser terbesar di Indonesia selanjutnya terletak di area Universitas Muhammadiyah Surakarta, yaitu Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS atau sering dikenal juga dengan nama Edutorium UMS. Dengan luas bangunan 14.400 meter persegi, venue konser ini punya kapasitas 8.000 – 10.000 penonton.

Kalau kamu punya rencana untuk nonton konser di tempat ini, lokasinya berada di Jl. Adi Sucipto 33 Karanganyar dan gerbang samping di Jl. Garuda Mas Sukoharjo, Kawasan Edupark UMS, Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

Apa Venue Konser Terbesar di Indonesia yang Pernah Kamu Kunjungi?

Nah, itu dia daftar venue konser terbesar di Indonesia yang biasa melangsungkan berbagai acara musik spektakuler. Mulai dari Stadion Utama Gelora Bung Karno, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Indonesia Convention Exhibition, hingga Edutorium UMS, mana tempat nonton konser yang pernah kamu kunjungi?

Baca juga:  15 Lagu Reggae Indonesia Terbaik Pilihan Editor 2024 [Update]

Selain itu, jangan lupa untuk datang ke berbagai konser spektakuler di Indonesia dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles