7 Oleh-oleh Khas Jember yang Sayang Untuk Dilewatkan, Cobain Deh!

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Jember menyimpan banyak pesona alam dan tempat nongkrong kekinian yang menjadi destinasi para wisatawan dari dalam dan luar negeri. Ketika berkunjung ke kota ini, tentu tidak lengkap rasanya kalau tidak membeli oleh-oleh khas Jember.

Nah, buat kamu yang bingung harus beli apa setelah berkunjung ke Jember, beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Dewatiket berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Jember Paling Populer 2023: Harga Tiket dan Alamatnya

Oleh-oleh Khas Jember yang Wajib Dicoba

Sebagai salah satu produsen tape terbaik di Indonesia, oleh-oleh khas Jember didominasi oleh berbagai produk olahan tape dengan cita rasa yang khas. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menemukan banyak produk tembakau berkualitas tinggi ketika berkunjung ke kota ini. Nah, supaya enggak bingung dalam memilih oleh-oleh yang pas, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

1. Suwar-Suwir

Oleh-oleh khas Jember pertama yang sayang untuk dilewatkan adalah suwar-suwir, yang terbuat dari tape. Jika diperhatikan secara sekilas, kamu akan menemukan kalau jajanan ini mirip dengan dodol. Cita rasa yang ditawarkan oleh jajanan ini juga tidak jauh berbeda dengan dodol yaitu perpaduan manis, legit, dan juga rasa asam di setiap gigitan.

Suwar-suwir sangat populer di kalangan wisatawan, bukan cuman karena memiliki nilai historis sebagai jajanan yang sudah ada sejak zaman Belanda, tetapi juga karena jajanan ini cocok untuk dikonsumsi oleh semua usia. Selain itu, ukuran kemasan jajanan ini juga kecil sehingga praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

2. Pao Tape Jember

Di urutan kedua, Pao Tape Jember adalah oleh-oleh khas Jember yang wajib dicoba, terutama kalau kamu adalah penggemar bakpao. Sekilas, makanan ini memang mirip bakpao, perbedaan utamanya terletak pada rasa unik yang dihasilkan oleh penggunaan tape sebagai bahan utama jajanan ini.

Baca juga:  10 Lagu Coldiac Terbaru 2024 yang Lagi Viral!

Aroma khas dari tape juga mendominasi cita rasa Pao Tape Jember, menghasilkan sensasi yang berbeda dari bakpao biasa. Tape yang sebelumnya ditaburkan dengan ragi, kini diolah bersama tepung untuk menciptakan rasa yang luar biasa nikmat di lidah. Selain itu, jajanan ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa seperti cokelat, matcha, kacang, dan banyak lagi.

3. Pia Tape

Selain diolah menjadi Suwar-suwir dan Pao Tape, di Jember tape juga disajikan dalam menu lain yaitu Pia Tape. Jajanan ini memiliki bentuk balok yang tersedia dalam dua varian rasa yaitu coklat dan keju.

Baca juga: Konser Dewa 19 di Jember 2023: Harga Tiket dan Jadwal Terbaru!

Biasanya, satu kotak pia tape berisi 10 buah dan dijual dengan harga sekitar Rp20.000,00. Bagi para penggemar tape yang menginginkan sensasi lembut dan nikmat yang meleleh di mulut, oleh-oleh khas Jember yang satu ini jangan sampe terlewat, ya!

4. Prol Tape

Prol Tape adalah salah satu oleh-oleh khas Jember yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan ini terbuat dari campuran bahan yang cukup sederhana, seperti tape singkong, tepung, susu, gula, dan mentega, yang diolah dengan sempurna untuk menghasilkan rasa yang luar biasa. Ketika kamu mencicipinya, rasa manis, gurih, dan sedikit asam akan langsung berpadu di dalam mulut.

BAca juga: 7 Cafe Live Music di Jember: Dijamin Nyaman dan Full Hiburan!

Selain itu, Prol Tape juga tersedia dalam beberapa varian rasa yang menarik untuk dicoba seperti keju, coklat, dan kismis. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menemukan Prol Tape di toko oleh-oleh dengan harga berkisar Rp20.000an saja per kotaknya.

5.Edamame

Edamame, makanan yang terbuat dari kedelai ala Jepang, juga menjadi oleh-oleh khas Jember yang sangat populer di kalangan wisatawan. Baik dalam bentuk utuhnya atau sebagai berbagai olahan, edamame selalu berhasil menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Baca juga:  Makna Lagu Taste - Sabrina Carpenter: Tentang Hubungan Lalu!

Rasanya yang lezat membuat Edamame wajib banget kamu cicipi ketika berkunjung ke Jember. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkannya karena Edamame tersedia di hampir semua toko oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau.

6. Jenang Waluh

Jenang Waluh adalah oleh-oleh khas Jember selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Jajanan ini terbuat dari labu kuning, atau sering disebut sebagai waluh dengan yang dicampur dengan ketan dan kelapa tua.

Cita rasa yang bisa kamu dapatkan dari makanan ini juga mirip seperti dodol, manis, legit, dan juga sedikit tekstur dari labu kuning. Rasanya yang khas membuat makanan ini banyak dipilih oleh para wisatawan untuk menjadi cendera mata ketika berkunjung ke Jember. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli Jenang waluh ketika kamu sedang berlibur di Jember.

7. Cerutu

Selain berbagai makanan hasil olahan tape, Jember juga punya oleh-oleh lain yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu cerutu. Sebagai salah satu penghasil tembakau terbesar di Indonesia, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis cerutu berkualitas tinggi di Jember.

Berbeda dengan oleh-oleh makanan yang bisa cepat basi, Cerutu cenderung lebih tahan lama untuk dikonsumsi. Selain itu, karena ukurannya yang kecil kamu juga bisa dengan mudah membawa cerutu tanpa takut rusak atau berceceran. Karena keunggulan ini lah banyak wisatawan yang memilih cerutu sebagai cendera mata setelah berkunjung ke Jember.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jember yang bisa kamu beli ketika berkunjung ke kota ini. Mulai dari Suwar-suwir, Pao Tape Jember, Pia Tape, hingga Cerutu menawarkan cita rasa khas yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Oleh karena itu, catat rekomendasi di atas dan jangan lupa untuk membelinya ketika berkunjung ke Jember, ya!

Baca juga:  24 Lagu Dewa 19 Versi Cover Terbaik yang Harus Kamu Tahu!

Supaya liburan jadi makin seru, kamu juga bisa mengunjungi event musik di Jember seperti Konser Pesta Rakyat Jember. Pada tanggal 15 Oktober 2023, konser spektakuler tersebut akan terselenggara di Jember Sport Garden dengan line up bertabur bintang yang sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari Dewa 19, Andra and The BackBone, hingga Ahmad Band siap menghibur para penonton dengan penampilan memukau yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Nah, supaya kamu enggak ketinggalan keseruannya, yuk beli tiket konser Pesta Rakyat Jember dengan harga spesial menggunakan tombol berikut ini sekarang juga!

BORONG TIKET PESTA RAKYAT JEMBER!!!

Must Read

Related Articles