Dinilai Menjadi Bagian dari Identitas Indonesia, Rhoma Irama Daftarkan Musik Dangdut ke UNESCO

Pernahkah kepikiran enggak kalau musik dangdut adalah bagian dari identitas Indonesia yang perlu diakui oleh Dunia? Nah, musisi senior legendaris Rhoma Irama berpikir demikian. Melalui kolaborasi bersama Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI), ia mendaftarkan musik dangdut sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia ke UNESCO.

Baca juga: 7 Lagu Dangdut Terpopuler 2023: Ada Denny Caknan dan Happy Asmara!

Bukan Pertama Kali

Perlu diketahui, bahwa upaya kali ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Rhoma Irama untuk membuat Dangdut diakui dunia. Sebelumnya, ia dan PAMMI juga pernah mendaftarkan musik dangdut ke UNESCO pada zaman Agung Laksono sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia.

“Dengan bangga kami mendaftarkan dangdut ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda, dan tentunya kerjasama dengan pemerintah sangat berarti dalam proses ini,” kata Rhoma Irama ketika ditemui wartawan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mengapa Rhoma Irama begitu bersemangat dalam menjadikan dangdut sebagai bagian dari warisan budaya dunia? Menurutnya, dangdut telah hidup lebih dari setengah abad, dan kini saatnya untuk mengakui pentingnya dampak budaya musik ini.

“Mengapa saya terus berjuang? Karena saya ingin dunia mengakui bahwa dangdut adalah bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia. Sudah lebih dari 50 tahun musik ini mengalun, dan kini adalah saat yang tepat,” tambahnya dengan rasa optimisme.

Namun, proses untuk mengusulkan dangdut sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan peran serta dari pemerintah, termasuk dari Provinsi DKI Jakarta, yang ikut serta dalam mengusulkan langkah ini.

“Dalam rencana ini, kita akan mengusulkan dangdut sebagai warisan budaya dunia. Tetapi, langkah awal dimulai dari Provinsi DKI Jakarta yang akan mengusulkannya ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Setelah itu, tahap selanjutnya akan melibatkan Kementerian yang sama,” ungkap Linda R Riani, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga:  15 Lagu Last Child Terbaru 2024: Lagi Viral Banget!

Upaya Untuk Menjaga Lagu Dangdut Agar Tetap Lestari

Selain Rhoma Irama, upaya untuk melestarikan lagu dangdut juga dilakukan oleh sejumlah pihak salah satunya adalah Ddangdutin Fest. Dengan line up berisi musisi-musisi legendaris Indonesia, festival musik ini berusaha mengajak berbagai generasi untuk mengapresiasi genre dangdut yang telah lama melekat di masyarakat.

Para penonton akan disuguhi penampilan spektakuler dari berbagai musisi seperti Dewa 19, Wali Band, Ndarboy Genk, New Monata, dan masih banyak lagi. Festival musik ini rencananya akan terselenggara di Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada 4-5 November 2023 mendatang.

Nah, supaya lagu dangdut terus lestari, yuk segera siakan diri dan beli tiket Ddangdutin Fest melalui website resmi mereka atau beli tiketnya di dewatiket.id sekarang juga!

Sumber: Liputan 6, JPNN

Must Read

Related Articles