6 Band Lokal Serang yang Penuh Talenta Berbakat

Dunia musik Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai musisi pendatang baru muncul dengan talenta luar biasa yang mampu mencuri perhatian banyak pencinta musik tanah air. Selain itu, musisi-musisi daerah seperti band lokal Serang juga dipenuhi dengan banyak talenta berbakat. Meski namanya tidak terlalu dikenal luas dalam kancah nasional, mereka semua memiliki kemampuan bermusik yang luar biasa.

Dari penelusuran Dewa Tiket, kami menemukan beberapa band lokal asal Serang yang punya kualitas musik tinggi dan disukai oleh banyak orang. Dari vokal yang memukau hingga aransemen musik yang kreatif, band-band lokal ini membuktikan bahwa talenta musik Serang layak mendapat pengakuan yang lebih luas.

Baca juga: 7 Band Indie Indonesia yang Lagunya Wajib Masuk Playlist

1. Excellent Band

Excellent Band merupakan sebuah band lokal Serang yang telah eksis sejak tahun 2015. Band ini terdiri dari tujuh anggota, dengan enam laki-laki dan satu perempuan. Rudi, sebagai vokalis utama, Evan di gitar, Muri di bass, Ari di keyboard, Akbar di drum, serta Ipnu dengan saxophone. Mereka telah membangun reputasi dengan sering tampil di berbagai kafe di sekitar Banten dan bahkan di luar daerah tersebut.

Lalu, pada tahun 2019, mereka memutuskan untuk mengejar mimpi dan menghasilkan karya orisinal mereka sendiri. Langkah pertama mereka adalah merilis single pertama yang berjudul “Cinta Tak Pasti” pada tahun tersebut. Lagu tersebut menandai langkah awal Excellent Band dalam menemukan identitas musik mereka. Pada akhir tahun ini, mereka juga berniat untuk terus memperpanjang nafasnya di dunia musik dengan merilis mini album pertama.

2. Fishmen

Pada pertengahan tahun 2022, tepatnya pada tanggal 7 Juni, grup musik ini resmi dibentuk dengan nama FISHMAN. Dengan latar belakang musik yang beragam dari setiap personelnya, FISHMAN mengemasnya menjadi satu benang merah musik reggae. Pengaruh dan latar belakang ini memberikan warna musik yang sedikit berbeda dari reggae konvensional.

Baca juga:  Makna Lagu Sekuat Hatimu - Last Child: Tentang Kekecewaan!

Band lokal Serang ini menyajikan suara yang lebih vintage dengan sentuhan jazz, rock, blues, R&B, dub, bahkan keroncong dalam setiap karya yang mereka buat. Seiring berjalannya waktu, nama grup musik ini disempurnakan dengan mengubah namanya menjadi FISHMEN.

3. JAVAKA

JAVAKA, band asal Serang, Banten, terbentuk pada 2015 dengan Alzasya Asdrie Rivaldie (vokal), Agus Dermawan (drum), Rizki Ikhsanudin (bass), Della Tenia Putra (gitar), dan Lucky Sukita (keyboard). Mereka memulai karier sebagai Home Band dan pemain sesi di kafe Serang.

Tidak puas menjadi “Pegawai Band,” mereka fokus menciptakan karya musik. Dengan pengaruh beragam, JAVAKA menggabungkan berbagai genre, dan tak terikat pada satu genre spesifik. Dalam setahun terakhir, JAVAKA merilis album independen melalui Jendel Records untuk mengenalkan musik mereka ke pendengar yang lebih luas.

Baca juga: 7 Band Rock Legendaris Indonesia yang Masih Menggema Hingga Kini

4. The Plottwist

THE PLOTTWIST merupakan sebuah unit rock n roll dari kota Serang, Banten yang mengawali kariernya dengan merilis single berjudul “Sick” karya sang vokalis, Ivan. Grup musik ini terlahir dari rasa jenuh dengan rutinitas sekolah dan aktivitas formal untuk menciptakan getaran segar di tengah kebisingan sehari-hari. Karya-karya mereka banyak terinspirasi dari gejolak kehidupan di sekolah dan lingkungan sekitar.

Pada bulan Juni 2023, The Plottwist siap merilis mini album garapan mereka yang diberi judu “Last Summer”. Dalam rangkaian album tersebut, mereka menghadirkan cerita-cerita bermakna yang memikat hati dan menggugah emosi. Bersiaplah untuk terhanyut dalam gelombang musik yang mengagumkan dari The Plottwist.

5. Abandon All The Suffer

Band lokal asal Serang, Abandon All The Suffer memulai perjalanan musiknya dari kecintaan yang sama antar pemain pada genre Emo Rock. Pada tahun 2005, Erland (Vokal), Martin (Gitar), Gilang (Gitar), Faridl (Bass), dan Ifal (Drum) sepakat untuk bersatu dan membentuk band ini di Kota Serang.

Baca juga:  Makna Lagu Angin Rindu - Rony Parulian: Tentang Kehilangan!

Dengan semangat yang membara, Abandon All The Suffer menghasilkan EP pertama mereka yang berjudul “Wonderwod” pada tahun 2012. Kesuksesan itu diikuti dengan beberapa single yang dirilis kemudian. Melalui lagu-lagu mereka, Abandon All The Suffer mengungkapkan perasaan dan pengalaman yang mendalam dengan pengaruh Emo Rock yang khas.

6. Erland Aslach

Meski bukan sebuah band, terdapat satu talenta berbakat lain asal Serang yaitu Erland Aslach. Ia merupakan seorang musisi solo asal Serang, Banten, yang sebelumnya juga dikenal sebagai vokalis band Chasing The Sun. Pada tahun 2020, ia memulai proyek solonya dengan menggabungkan gaya musik pop dengan elemen electro.

Pada tahun 2023, Erland Aslach juga merilis single terbarunya yang berjudul “Ruang Waktu dan Dunia”. Single ini dapat dinikmati melalui berbagai platform musik digital, memperluas jangkauan pendengar yang dapat menikmati karya musiknya. Dengan perjalanan solonya, Erland terus menunjukkan eksplorasi musikalnya yang kreatif dan kemampuan menyampaikan pesan melalui musiknya.

Nah, itu dia beberapa band lokal Serang serta vokalis yang penuh talenta berbakat dan layak untuk dikenal lebih luas di belantika musik Indonesia. Excellent Band, Fishmen, JAVAKA, The Plottwist, Abandon All The Suffer, dan Erland Aslach adalah beberapa contoh musisi yang membuktikan bakat musik Serang layak mendapat pengakuan lebih luas. Dari variasi genre musik, karya orisinal, hingga album mini yang akan datang, talenta-talenta ini menghadirkan pengalaman musik yang unik dan menggugah.

Kabar baiknya, mereka semua akan berbagi panggung dengan band-band legendaris Indonesia seperti Dewa 19 dan Andra and The Backbone lewat konser Kelas Malam Graduation. Kalau kamu ingin menyaksikan bagaimana penampilan talenta-talenta berbakat tersebut, segera beli tiket konsernya di dewatiket.id sekarang juga!

Baca juga:  Makna Lagu Masa Sepi – Bernadya: Tentang Gagal Move On!

Must Read

Related Articles