8 Orkestra Terbaik di Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

Belantika musik Indonesia diwarnai oleh banyak talenta berbakat dari berbagai genre musik, tak terkecuali musik klasik. Meski asalnya dari negeri nun jauh di Barat, kamu tetap bisa menikmati musik klasik berkat beberapa orkestra terbaik di Indonesia. Mereka kerap kali melangsungkan penampilan yang bisa kamu datangi untuk menikmati harmoni indah dengan musikalitas tinggi.

Dibandingkan jenis musik yang lainnya, peminat musik klasik di Indonesia memang tidak terlalu besar. Namun, buat kamu yang penasaran dan ingin merasakan pertunjukkan musik klasik di Indonesia, beberapa orkestra berikut ini wajib kamu ketahui.

1. Ahmad Dhani Philarmonic Orchestra

Dikenal sebagai seorang maestro kenamaan Indonesia, Ahmad Dhani memiliki cukup banyak grup musik, salah satunya adalah Ahmad Dhani Philarmonic Orchestra. Memadukan unsur musik klasik dengan nuansa pop dan rock, orkestra ini telah menghasilkan banyak aransemen musik baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Saat ini, mereka masih aktif menggelar pertunjukan melalui sebuah konser bertajuk A Night at The Orchestra. Pada tanggal 19-20 Mei 2023, mereka akan tampil di Surabaya dan juga tampil di Solo pada tanggal 27 Mei 2023. Kalau kamu penasaran dengan pertunjukannya, tiket konser tersebut bisa dibeli melalui dewatiket.id sekarang juga!

2. Jakarta Philharmonic Orchestra

Jakarta Philharmonic Orchestra merupakan cikal bakal orkes simfoni pertama di Indonesia yang jejak sejarahnya bisa ditelusuri sejak masa pendudukan Belanda. Mereka merintis dan menjadi bagian dari sejarah perkembangan musikalitas di tanah air. Nama-nama besar seperti Lim Kek-tjiang, Adidharma Widjaja, dan Yudianto Hinupurwadi tercatat pernah berkiprah di Jakarta Philharmonic Orchestra.

Saat ini, salah satu orkestra terbaik di Indonesia ini berada di bawah Yayasan Philharmonic Society dan terus berkomitmen untuk memajukan musik Indonesia melalui musik yang berkualitas dan kreativitas tinggi

Baca juga:  15 Lagu Last Child Terbaru 2024: Lagi Viral Banget!

3. Bandung Philharmonic

Bandung Philharmonic adalah orkestra simfoni profesional pertama di Kota Bandung yang didirikan pada tahun 2015. Mereka didirikan untuk memperkenalkan musik klasik kepada masyarakat Indonesia melalui konser simfoni, musik kamar, program edukasi musik, dan ansambel komunitas. Hingga saat ini, Bandung Philharmonic telah sukses menyelenggarakan lebih dari 10 konser simfoni, 11 chamber music, 8 konser musik anak, dan mendirikan 4 ansambel komunitas.

Jika biasanya orkestra hanya bisa ditemui di kota-kota besar dunia seperti New York dan Wina, Bandung Philharmonic membuktikan bahwa orkestra simfoni juga bisa berkembang dan eksis di kota kecil seperti Bandung. Kehadiran mereka berhasil memberikan peluang bagi musisi muda untuk berkembang dan mengejar karier di bidang musik.

4. Jakarta Simfonia

Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) adalah orkestra profesional yang didirikan pada tahun 2009 oleh Dr. Stephen Tong. Dalam setahun, JSO menyelenggarakan 12 konser simfoni, dengan penampilan musik klasik dan musik broadway/pops. Empat seri konser unggulan yang dipentaskan oleh JSO adalah Masterworks, Chamber Music, Choral series, dan Educational Series.

Meski tergolong baru, perjalanan JSO membuatnya layak menyandang status sebagai salah satu orkestra terbaik di Indonesia. JSO telah sukses berkolaborasi dengan musisi kelas dunia, termasuk Jahja Ling, Great Wall String Quartet, Steven Isserlis, dan Johan Dalene. Mereka juga bekerja sama dengan Jakarta Oratorio Society dalam menampilkan karya-karya besar seperti Bach Magnificat, Beethoven Christ on the Mount of Olives, Brahms Requiem, dan Mozart Requiem.

5. Erwin Gutawa Orchestra

Nama Erwin Gutawa telah malang melintang di jagat musik tanah air sejak tahun 1985. Ia dikenal luas sebagai seorang musikus legendaris yang juga memiliki salah satu orkestra terbaik di Indonesia, Erwin Gutawa Orchestra. Bersama grup musik yang ia dirikan pada tahun 1993 tersebut, Erwin kerap kali diminta tampil pada acara-acara besar negara.

Baca juga:  24 Lagu Dewa 19 Versi Cover Terbaik yang Harus Kamu Tahu!

Selain itu, dalam 38 tahun perjalanan kariernya, Erwin Gutawa masih terus aktif melangsungkan konser yang bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Kalau kamu penasaran dengan update jadwal dan info seputar Erwin Gutawa Orchestra, silakan ikuti akun Instagram resmi Erwin di @eg.erwingutawa.

6. Twilite Orchestra

Twilite Orchestra (TO) adalah orkestra simfoni Indonesia yang masih aktif dan telah bertahan lama dengan kegiatan yang berkelanjutan. TO menjadi orkestra Indonesia pertama yang tampil di panggung internasional seperti Sydney Opera House, Old Slovak National Theater, dan Konzerthaus Berlin.

Didirikan pada tanggal 8 Juni 1991 oleh Indra Usmansjah Bakrie, Oddie Agam, dan Addie MS, TO telah berkembang menjadi orkestra simfoni dengan 65 musisi dan 70 paduan suara Twilite Chorus. TO juga telah berkolaborasi dengan artis internasional seperti Natalie Cole, David Foster, Robin Gibb, Maxim, Moscow Rachmaninov, dan Trio Il Divo, serta tampil di berbagai negara seperti Malaysia, Australia, dan Vietnam.

7. Jakarta Concert Orchestra

Jakarta Concert Orchestra (JCO) didirikan pada tahun 2002 oleh Avip Priatna Mag. Art dan Prof. Dr. Toeti Heraty Roosseno dengan nama awal Jakarta Chamber Orchestra. Tujuan pembentukan salah satu orkestra terbaik di Indonesia ini adalah untuk menjadi representatif sebagai orkes standar dan menjadi bagian dari aset kota Jakarta.

JCO telah menggelar berbagai konser dengan menampilkan karya-karya Bach, Handel, Mozart, Beethoven, Haydn, Rachmaninoff, dan tentunya karya-karya komposer Indonesia seperti Ismail Marzuki, Mochtar Embut, Yazeed Djamin, Fero Aldiansya, dan lain-lain. Selain itu, JCO juga sering membawakan karya-karya vokal simfoni bersama Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children’s Choir, serta memainkan beberapa opera secara lengkap, seperti Carmen, Cavalleria Rusticana, Samson et Dalila, serta drama musikal Sang Kuriang dan Suara Hati.

Baca juga:  Makna Lagu Seandainya - Vierra: Soal Penyesalan!

8. Magenta Orchestra

Magenta Orchestra, yang didirikan pada tanggal 14 Maret 2004 oleh Indra U Bakrie, Supartono, dan Andi Rianto, memperkenalkan konsep orkestra yang segar dan berbeda di Indonesia. Mereka menjadi orkestra pertama yang menggabungkan nuansa pop dalam penampilannya, menyingkirkan kesan formal dan klasik yang biasanya melekat pada orkestra tradisional.

Melalui gaya pop yang santai dan kaya warna, Magenta Orchestra telah membawa musik orkestra ke seluruh lapisan masyarakat. Keberhasilan mereka dalam menciptakan alternatif baru untuk menikmati sajian orkestra, telah mengubah pandangan masyarakat tentang musik orkestra yang selama ini dianggap terlalu kaku dan terbatas pada kalangan tertentu saja.

Itu dia beberapa orkestra terbaik di Indonesia yang jarang diketahui orang. Kalau kamu tertarik, pantengin terus jadwal pertunjukkan mereka atau beli tiket konsernya melalui dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles