Bukan Cuman Asyik, Ini Dia 7 Manfaat Musik Untuk Orang Dewasa

Musik telah menjadi bagian dari hidup bagi banyak orang di seluruh dunia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa punya lagu favoritnya masing-masing. Dan kamu harus tahu, kalau musik bukan cuman bisa menghibur para pendengarnya dengan lirik yang indah dan alunan melodi yang menyenangkan. Namun, terdapat juga berbagai manfaat musik untuk orang dewasa yang perlu kamu ketahui.

Penasaran manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari mendengarkan musik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Manfaat-manfaat musik yang disajikan dalam artikel ini berdasarkan hasil penelitian yang dikutip dari laman verywellmind, jadi simak penjelasannya sampai selesai, ya!

1. Bisa meningkatkan kinerja kognitif

Manfaat pertama yang perlu kamu ketahui adalah fakta bahwa musik bisa membantu meningkatkan kinerja kognitif. Menurut penelitian, mendengarkan musik ketika sedang bekerja dapat meningkatkan kecepatan pemrosesan dan memori pada orang dewasa yang lebih tua.

Baca juga: Manfaat Musik Untuk Remaja: Simak 7 Poin Pentingnya

Namun, pastikan kamu memilih musik instrumental yang tidak berlirik agar pekerjaan kamu tidak terganggu. Lagu dari beberapa tokoh musik klasik paling berpengaruh seperti Mozart, Beethoven, dan Chopin bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Bisa mengurangi stres

Mulai pusing dengan berbagai tugas yang perlu kamu selesaikan seharian? Mendengarkan musik yang menenangkan mungkin bisa membantu kamu. Sudah lama diketahui, bahwa salah satu manfaat musik untuk orang dewasa adalah bisa membantu mengelola stres, berbagai penelitian juga sudah mendukung hal ini.

Ketika mendengarkan musik yang menenangkan, sistem saraf otonom kamu akan terpengaruh dan membuat kamu lebih cepat pulih setelah menghadapi berbagai tuntutan yang membuat stres. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa memutar lagu-lagu favoritmu ketika istirahat atau setelah pekerjaan selesai.

Baca juga:  20 Lagu Pengantar Tidur Orang Dewasa yang Bisa Bikin Ngantuk

3. Bisa membantu kamu makan lebih sedikit

Sedang melakukan program diet? Mungkin mendengarkan musik bisa membantu kamu mencapai target yang diinginkan. alam sebuah penelitian, orang yang makan di restoran dengan pencahayaan redup dan musik lembut mengonsumsi makanan 18% lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan di tempat lain. Ini menunjukkan bahwa suasana yang tenang dan nyaman dapat membantu kita lebih sadar kapan kita mulai merasa kenyang.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang sama, kamu bisa mencobanya dengan memainkan musik lembut ketika makan malam di rumah. Dengan menciptakan suasana santai, kamu mungkin akan makan dengan lambat dan merasa lebih cepat kenyang.

4. Bisa meningkatkan daya ingat

Terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa siswa yang mendengarkan musik positif bisa belajar dengan lebih baik. Lagu-lagu yang menimbulkan emosi positif tanpa mengganggu pembentukan memori bisa meningkatkan kinerja belajar.

Baca juga: Manfaat Musik Untuk Balita: Ini 5 Hal Penting yang Harus Diketahui

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis musik bisa memberikan dampak demikian, kamu perlu memilih lagu yang kurang mengganggu dan mudah diabaikan. Kalau ternyata kamu menjadi lebih sulit fokus atau terganggu, mungkin gaya belajar kamu lebih cocok dengan suasana yang sepi dan sunyi.

5. Bisa membantu mengatasi rasa sakit

Masih melansir laman verywellmind, terdapat satu studi terhadap pasien fibromyalgia yang menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik selama satu jam sehari mengalami pengurangan rasa sakit secara signifikan. Terapi musik bisa menjadi alat penting dalam pengobatan nyeri kronis.

Baca juga: Ini Dia 7 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Tinjauan penelitian tahun 2015 juga menunjukkan bahwa pasien yang mendengarkan musik sebelum, selama, atau bahkan setelah operasi mengalami lebih sedikit rasa sakit dan kecemasan daripada mereka yang tidak mendengarkan musik.

Baca juga:  Makna Lagu Masa Sepi – Bernadya: Tentang Gagal Move On!

6. Bisa meningkatkan motivasi

Para peneliti sudah menemukan bahwa mendengarkan musik dengan tempo cepat bisa memotivasi pendengar untuk berolahraga lebih keras. Dalam sebuah percobaan, para peserta diminta bersepeda selama 25 menit sambil mendengarkan daftar putar enam lagu populer berbeda dengan tempo berbeda. Mempercepat trek menghasilkan peningkatan performa dalam hal jarak yang ditempuh, kecepatan mengayuh, dan tenaga yang diberikan. Sebaliknya, memperlambat tempo musik menyebabkan penurunan semua variabel tersebut.

Idealnya, musik dengan tempo 125-140 ketukan per menit adalah yang terbaik untuk latihan. Jadi, sebelum kamu berolahraga, cobalah untuk membuat daftar lagu dengan tempo cepat agar kamu lebih termotivasi dan menikmati aktivitas olahragamu.

7. Bisa meningkatkan mood

Untuk poin yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat musik untuk orang dewasa adalah bisa meningkatkan mood dan membantu kita merasa lebih bahagia. Bahkan, dengan sengaja mendengarkan musik positif setiap hari selama dua minggu, kita dapat meningkatkan mood dalam waktu singkat.

Jadi, kalau kamu merasa sedih atau capek, jangan ragu untuk segera mendengarkan lagu favorit dan biarkan alunan melodinya memperbaiki mood kamu.

Itu dia beberapa manfaat musik untuk orang dewasa yang perlu kamu ketahui. Sudah tidak perlu diragukan lagi memang kalau musik itu bisa mengurangi stres, meningkatkan mood, hingga membantu kamu menjadi lebih semangat berolahraga.

Selain mendengarkannya melalui berbagai aplikasi streaming musik terbaik, menonton konser juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati lagu-lagu favoritmu. Kalau kamu penasaran dengan informasi mengenai musik dan jadwal konser terbaru, kunjungi website dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles