Ini Dia 7 Manfaat Musik Untuk Kesehatan Menurut Para Ahli

Musik sudah menjadi bagian dari hidup manusia sejak zaman dahulu. Baik momen bahagia maupun momen mengharukan, musik selalu punya tempat di hidup kita. Tapi, tahu nggak sih kalau ada sejumlah manfaat musik untuk kesehatan yang jarang orang ketahui?

Bener banget, musik bukan cuman melodi indah yang asyik untuk didengarkan, sejumlah penelitian juga sudah membuktikan kalau musik bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Melansir laman Insider dan Healthline, berikut ini adalah pembahasannya.

1. Membantu mengurangi rasa sakit

Mungkin selama ini kamu ga nyangka kalau musik bisa membantu mengurangi rasa sakit, kan? Nah, menurut Trish Glynn , konselor kesehatan mental berlisensi dan pemilik The Carey Center musik mungkin tidak menghilangkan rasa sakit sepenuhnya, tetapi dapat memberikan gangguan yang positif.

“Mendengarkan musik dapat memicu pelepasan dopamin , zat kimia otak yang terkait dengan perasaan senang yang mungkin juga berperan dalam pengaturan rasa sakit “, kata Glynn di laman Insider.

2. Membantu meredakan kecemasan

Kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, baru-baru ini penelitian pada tahun 2021 menunjukkan kalau musik bisa membantu mengurangi gejala kecemasan.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat menurunkan detak jantung dan mengurangi kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres. Oleh karena itu, musik dapat mengurangi berbagai jenis kecemasan, termasuk kecemasan sebelum operasi atau prosedur medis.

Baca juga: Musik dan Emosi: Hubungan Keduanya Menurut Psikologi 

Dalam sebuah studi kecil, anak-anak yang dirawat di rumah sakit mendengarkan musik sebelum dan selama prosedur medis, dan hasilnya menunjukkan penurunan kecemasan pada anak-anak tersebut. Studi kecil lainnya menemukan bahwa mendengarkan musik di lift dapat mengurangi kecemasan pada orang yang takut ketinggian.

Baca juga:  24 Lagu Dewa 19 Versi Cover Terbaik yang Harus Kamu Tahu!

3. Musik bisa membantu menurunkan tekanan darah

Karena musik memiliki efek menenangkan pada sistem saraf, musik juga bisa membantu menurunkan tekanan darah kamu, menurut Dr. Po-Chang Hsu , pakar konten medis dan penulis di Sleeping Ocean.

Terdapat sebuah studi pada tahun 2020 yang mengukur manfaat musik bagi 30 orang dewasa dengan risiko tekanan darah tinggi. Separuh peserta mendengarkan piano dan musik seruling selama 30 menit setiap hari, lima hari seminggu, selama satu bulan. Pada akhir penelitian, ditemukan bahwa mereka yang rutin mendengarkan musik mengalami penurunan tekanan darah sistolik secara signifikan.

4. Mengurangi kelelahan

Capek dengan kegiatan yang padat seharian? Mendengarkan musik bisa menjadi pilihan yang tepat. Bukan cuman karena asyik, penelitian dari Universitas Shanghai pada tahun 2015 lalu juga berhasil menunjukkan kalau mendengarkan musik yang menenangkan bisa mengurangi rasa lelah.

Selain itu, sesi terapi musik juga terbukti bisa mengurangi kelelahan pada orang yang menerima perawatan kanker. Oleh karena itu, kalau kamu capek dengan berbagai aktivitas yang ada, jangan lupa luangkan waktu untuk mendengarkan musik, ya!

5. Meningkatkan kinerja olahraga

Bukan cuman bisa membuat tubuh lebih rileks, musik juga bisa membantu kamu lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas melelahkan seperti olahraga. Manfaat musik untuk kesehatan ini telah dibuktikan melalui penelitian dari University of Southern Queensland pada 2020 lalu.

Penelitian tersebut menegaskan bahwa berolahraga sambil mendengarkan musik bisa meningkatkan suasana hati dan menjadikan tubuh tidak mudah lelah. Dalam pengaturan klinis, atlet yang mendengarkan musik cepat dengan intensitas tinggi selama pemanasan juga bisa termotivasi untuk tampil lebih baik secara kompetitif.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Para ahli percaya kalau musik bisa meningkatkan kualitas tidur karena ia bisa membantu mengontrol hormon stres, menenangkan bagian dari sistem saraf otonom serta membuat pikiran jadi rileks. Menurut studi pada tahun 2020, musik dengan nada rendah, memiliki bass kuat, tempo lebih lambat, dan memliki catatan musik yang lebih berkelanjutan bisa membantu seseorang tidur dengan lebih nyenyak.

Baca juga:  10 Lagu Jawa Terbaru 2024 yang Lagi Viral di TikTok

Jadi, kalau kamu susah tidur di malam hari, mendengarkan musik-musik tertentu bisa menjadi solusi yang tepat. Tapi jangan lupa, volumenya jangan terlalu besar, ya!

7. Bisa meningkatkan konsentrasi, fokus, dan memori

Manfaat musik untuk kesehatan selanjutnya adalah bahwa ini bisa membantu kamu meningkatkan konsentrasi, fokus, dan memori. Kalau kamu dihadapkan dengan ujian, belajar sambil ditemani musik yang menenangkan bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 7 Manfaat Belajar Sambil Mendengarkan Musik Menurut Para Ahli

Dalam sebuah penelitian, mahasiswa yang mendengarkan genre musik klasik selama kuliah belajar lebih banyak daripada mereka yang mendengarkan kuliah yang sama tanpa musik. Dalam studi lain, mendengarkan musik klasik di latar belakang bisa membantu orang dewasa yang lebih tua tampil lebih baik dalam tugas memori dan pemrosesan.

Itu dia beberapa manfaat musik untuk kesehatan menurut para ahli dan sejumlah penelitian. Selain melalui aplikasi streaming, mendengarkan musik secara langsung ketika konser juga sangat menyenangkan. Buat kamu yang mau tahu berbagai informasi menarik lain seputar musik dan tiket konser terbaru, pantau terus website dewatiket.id, ya!

Must Read

Related Articles