5 Soundtrack Film Terbaik Versi Golden Globe Awards 2023

Tahun ini, Golden Globe Awards kembali mempersembahkan banyak kejutan dan momen mengesankan bagi para pencinta film dan musik. Dalam kategori Soundtrack Film Terbaik, banyak film yang berlomba-lomba untuk memenangkan penghargaan prestisius ini. Dari musik epic yang memukau hingga lagu balad yang menyentuh hati, nominasi tahun ini membuktikan bahwa musik memegang peran penting dalam membuat film lebih hidup dan membekas.  

Tidak hanya itu, soundtrack juga bisa membantu mengingatkan penonton pada suatu film. Banyak orang yang hanya dengan mendengar suatu soundtrack dapat mengingat film tersebut dan adegan seru di dalamnya. Supaya ga penasaran simak lebih lanjut daftar soundtrack film terbaik versi Golden Globe 2023 berikut ini. 

1. “Carolina” dari Where the Crawdads Sing — Taylor Swift 

Taylor Swift kembali membuktikan bakatnya sebagai penulis lagu dengan merilis lagu asli yang spektakuler untuk soundtrack film “Where The Crawdads Sing”. “Carolina” memamerkan vokal menakjubkan dari Taylor, yang memenangkan 11 Grammy, dan bercerita tentang bergerak diam-diam di berbagai tempat tanpa terlihat.  

Liriknya sangat cocok dengan plot cerita film, yang mengikuti kisah unik seorang gadis bernama Kya. Taylor bahkan meminta bantuan teman baik dan produser Aaron Dessner untuk memproduksinya. “Carolina” yang ditulis dan diproduseri oleh Taylor dan Aaron Dessner, membawa tambahan emosi dan kesan yang kuat pada film “Where The Crawdads Sing”. 

2. “Ciao Papa” dari Guillermo del Toro’s Pinocchio — Roeben Katz, Guillermo del Toro 

Mencari petualangan dan membuktikan diri adalah hal yang penting bagi Pinocchio, sebuah boneka kayu yang dibuat oleh Geppetto. Dalam petualangannya, Pinocchio menyanyikan sebuah lagu berjudul “Ciao Papa” sebagai bentuk rasa terima kasih dan selamat tinggal kepada ayahnya. “Ciao Papa” adalah kata dalam bahasa Italia yang berarti “selamat tinggal ayah”. Ini adalah lagu yang sangat menyentuh dan mencerminkan perasaan Pinocchio ketika dia harus meninggalkan rumah untuk mewujudkan impian dan memberikan kebahagiaan kepada Geppetto.

Baca juga:  15 Lagu Last Child Terbaru 2024: Lagi Viral Banget!

Baca Juga: Daftar Soundtrack Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang: Mengandung Bawang!

Setelah membuat kontrak dengan Count Volpe, Pinocchio memutuskan untuk menjadi anak yang baik dan bekerja keras agar bisa menghasilkan uang untuk ayahnya. Dan melalui lagu “Ciao Papa”, Pinocchio memberikan persembahan terbaiknya sebagai tanda rasa terima kasih dan cinta kepada ayah tercintanya. Dengan makna lagunya yang sangat mendalam, tak heran kalau akhirnya lagu “Ciao Papa” dinominasikan sebagai soundtrack film terbaik di Golden Globe. 

3. “Hold My Hand” dari Top Gun: Maverick — Lady Gaga, BloodPop 

Soundtrack film terbaik selanjutnya adalah “Hold My Hand” milik Lady Gaga. Lagu ini merupakan tema utama untuk film Top Gun: Maverick, sekuel dari film tahun 1986 yang sangat populer dan sukses. Lagu Hold My Hand diciptakan dan diproduksi bersama oleh Gaga dan BloodPop®, dan terinspirasi oleh suara nostalgia tahun 80-an yang terdengar dalam soundtrack film asli. 

Jauh sebelum peluncuran resminya, pada penggemar sudah saling menebak proyek soundtrack film yang sedang digarap oleh Lady Gaga. Untuk lagu yang satu ini sendiri, spekulasi tentang kemungkinan Gaga merekam lagu untuk Top Gun mulai beredar pada tahun 2021 setelah terungkap bahwa dia terlibat dalam musik film tersebut. Kamu bisa menemukan lagu ini di bagian akhir film sebagai penutup. 

4. “Lift Me Up” dari Black Panther: Wakanda Forever — Tems, Ludwig Göransson, Rihanna, Ryan Coogler 

Golden Globe merupakan nominasi pertama yang diperoleh oleh Lady Gaga untuk lagu terbarunya, “Lift Me Up”. Seiring dengan popularitas film Black Panther yang sangat tinggi, soundtrack film tersebut juga tidak kalah sukses. Meski kontribusi Lady Gaga pada film Black Panther bukan sebagai aktor, namun nama besarnya telah berhasil menarik banyak pencinta film dan musik untuk menikmati film garapan Marvel tersebut.

Baca juga:  Fiersa Besari Umumkan Hiatus dari Dunia Musik Mulai 2025

Baca Juga: Soundtrack Film A Man Called Otto: Dijamin Bikin Galau! 

“Lift Me Up,” ditulis bersama oleh Tems, Ludwig Göransson, dan sutradara Wakanda Forever Ryan Coogler. Lagu kedua, “Born Again,” juga dikontribusikan oleh Rihanna. Kembalinya Rihanna ke dunia musik dengan dua lagu ini sudah lama ditunggu oleh penggemar dan industri musik. Setelah kembali muncul, hasilnya sangat membanggakan karena lagu terbaru Rihanna berhasil masuk ke jajaran soundtrack film terbaik tahun ini. 

5. “Naatu Naatu” dari RRR — Chandrabose, M.M. Keeravaani (Pemenang) 

Musim penghargaan selalu menyimpan kejutan-kejutan bagi para penggemar dan insan industri hiburan. Salah satu kejutan terbesar yang baru-baru ini terjadi adalah menangnya lagu “Naatu Naatu” di Golden Globe sebagai Best Original Song. Kemenangan RRR dalam kategori tersebut tentu sangat mengejutkan, terutama karena bersaing langsung dengan lagu-lagu besar seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

“Naatu Naatu” berhasil memenangkan hati para penggemar dan kritikus dengan ritmenya yang cepat dan tarian elektrik memukau yang mengiringinya. Kemenangan ini membuktikan bahwa musik yang unik dan menarik bisa memenangkan hati banyak orang dan meraih sukses besar. 

Itu dia daftar lengkap nominee dan pemenang soundtrack film terbaik di Golden Globe 2023. Buat kamu pencinta musik dan dunia perfilman, mendengarkan lagu-lagu di atas dan juga menonton filmnya pasti bisa sangat memanjakan hati. Jangan lewatkan juga berbagai penampilan musik terbaik di Indonesia dengan menyiapkan tiketnya dari jauh-jauh hari di dewatiket.id sekarang juga! 

Must Read

Related Articles