7 Profesi Yang Berkaitan Dengan Musik: Bukan Cuman Penyanyi!

Terjun ke industri musik enggak selalu harus menjadi seorang penyanyi. Karena nyatanya, ada banyak sekali pilihan profesi yang berkaitan dengan musik yang bisa kamu geluti di dalamnya. Buat kamu para pencinta musik, pasti punya mimpi untuk memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion, kan? Sudah senang-senang, dibayar pula.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui daftar profesi yang berkaitan dengan musik selain menjadi penyanyi seperti berikut ini.

Profesi Yang Berkaitan Dengan Musik

Jika ditelaah lebih dalam, industri musik dibangun oleh banyak sekali bagian. Di setiap bagian, terdapat orang-orang profesional yang menggarapnya, mulai dari tahap belajar, membuat, hingga merilis musik membutuhkan keahlian yang berbeda-beda. Buat kamu yang suka musik namun tidak memiliki bakat bernyanyi, mungkin beberapa profesi di bawah ini cocok untuk kamu geluti.

1. Guru musik

Kalau kamu memiliki keahlian untuk menggunakan alat musik dan senang untuk berbagi, menjadi guru musik adalah pilihan yang tepat. Profesi ini mungkin terdengar sederhana, namun sebenarnya kamu perlu memiliki skill yang mumpuni untuk bisa menjadi guru musik.

Karena kamu akan mengajarkan orang untuk bermain musik secara profesional, maka kamu juga perlu menempuh pendidikan musik secara formal. Selain mengajarkan para murid soal alat musik secara teknis, guru musik juga dituntut untuk bisa menumbuhkan ketertarikan terhadap musik di benak setiap murid.

2. Editor video

Buat kamu yang memiliki ketertarikan pada bidang visual namun ingin berkarier di industri musik, profesi editor video cocok untuk kamu geluti. Pada umumnya, sebuah single pasti memiliki musik video, kan? Nah, di saat itulah peran seorang editor video diperlukan dalam industri musik.

Meski akan berfokus pada bagian visual, seorang editor video di industri musik juga dituntut untuk bisa memahami unsur-unsur penting dalam musik. Karena pada sebuah video klip, paduan antara visual, lirik, dan instrumen yang digunakan bisa membangun suasana di setiap benak para penonton. Oleh karena itu, agar pesan dari lagu bisa tersampaikan, kamu perlu mengerti unsur-unsur penting musik sebelum menjadi editor video.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian yang Tahan Lama dan Murah!

3. Concert manager

Meski terpisah dari proses belajar dan memproduksi musik, concert manager juga merupakan profesi yang berkaitan dengan musik. Buat kamu yang hobi banget nonton konser, pasti mau banget untuk nonton artis idola sambil bekerja, kan? Nah, profesi concert manager bisa jadi solusi yang tepat untuk mendapatkannya.

Seorang concert manager memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan suatu konser. Mulai dari mengatur susunan acara, tata letak, berkoordinasi dengan semua pihak terkait, dan berbagai fungsi lainnya menjadi tanggung jawab dari seorang concert manager. Meski terdengar melelahkan, semuanya akan terbayar dengan pengalaman tidak terlupakan untuk terlibat langsung dalam setiap gelaran musik terbaik.

4. Produser rekaman

Meski kamu bukan orang yang jago nyanyi, dengan menjadi seorang produser rekaman kamu akan bekerja sama secara langsung dengan para penyanyi berbakat untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya. Salah satu profesi yang berkaitan dengan musik ini memiliki tugas untuk membantu penyanyi selama proses rekaman, mulai dari memberi pandangan soal lagu yang sedang digarap, melakukan aransemen, atau bahkan ikut menulis lagu.

Pengetahuan teknis soal alat-alat musik, kreativitas, dan keterampilan komunikasi yang baik adalah beberapa skill yang wajib untuk dimiliki oleh seorang produser rekaman.

5. Penyiar Radio

Kalau kamu memiliki wawasan yang luas soal musik dan senang untuk membicarakannya, maka profesi penyiar radio bisa menjadi pilihan yang cocok untuk digeluti. Seperti yang biasa kita dengar, pada sebuah radio biasa diputarkan lagu-lagu yang sedang viral. Tidak jarang juga sebuah radio memiliki segmen acara yang mengupas makna dan cerita dibalik sebuah lagu.

Kemampuan berbicara yang baik dibalut dengan wawasan luas soal dunia musik merupakan modal dasar yang perlu kamu miliki untuk bisa menjadi seorang penyiar radio. Kalau beruntung, kamu juga bisa mengobrol langsung dengan para musisi yang sedang mempromosikan albumnya, lho! Asik banget, kan?

Baca juga:  Jadwal JIExpo 2024: Juni dan Juli Banyak Pameran Seru!

6. Kurator musik

Lebih dari sekedar memiliki wawasan luas soal musik, kalau kamu tertarik menjadi seorang kurator musik maka pemikiran kritis dan kemampuan untuk melakukan analisa adalah skill wajib yang harus dimiliki. Biasanya, seorang kurator bekerja untuk membantu menyusun lagu-lagu yang sesuai dengan selera, momen, atau mood para pendengarnya.

7. Teknisi suara (audio engineer)

Pada studio rekaman kecil, peran produser musik dan teknisi suara sering kali dirangkap. Namun sebenarnya, tugas kedua profesi ini sangat berbeda. Teknisi suara memiliki ruang lingkup yang lebih spesifik, mereka berfokus pada aspek teknis dan mekanik dari musik yang sedang diproduksi.

Untuk bisa menjadi seorang audio engineer, kamu perlu memiliki skill yang mumpuni dalam menguasai mekanisme perekaman, pencampuran (mixing), dan juga reproduksi suara. Ruang lingkup industri teknisi suara jua cukup luas, bukan hanya ikut memproduksi musik, kamu juga bisa bekerja untuk studio film maupun studio televisi.

Itu dia beberapa profesi yang berkaitan dengan musik, pada setiap pekerjaan keahlian yang diperlukan berbeda-beda. Jadi, buat kamu yang tidak bisa bernyanyi namun ingin tetap berkarier di industri musik jangan patah semangat, ya!

Nah, supaya kamu tetap ceria jangan lupa untuk kunjungi konser-konser musik terdekat dan pesan tiketnya dengan praktis dan murah melalui website dewatiket.id sekarang!

 

 

 

 

 

 

Must Read

Related Articles