7 Peraih Penghargaan di Billboard Women in Music Awards 2023

Pada 1 Maret 2023, Billboard akan kembali mengadakan acara Billboard Women in Music untuk mengapresiasi kontribusi artis, pencipta, produser, dan eksekutif musik yang kontribusinya sedang naik daun. Melansir laman resmi dari Billboard untuk acara ini, sejumlah nama peraih penghargaan di Billboard Women in Music Awards 2023 sudah diumumkan dari jauh-jauh hari. Mulai dari artis Hollywood hingga girl band Korea Selatan masuk ke dalam daftar pemenangnya.

Tahun ini, acara penghargaan bergensi tersebut akan berlangsung di Teater YouTube di Hollywood Park, Los Angeles, California dan akan dipandu oleh Emmy Quinta Brunson. Para penerima penghargaan merupakan wanita yang berpengaruh dalam membuka jalan bagi wanita lain untuk mengejar mimpi di industri musik. Penasaran ada siapa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Jadwal Rilis Album Lagu Terbaru Februari 2023: Ini Daftar Terbaiknya

1. Becky G – Impact Award

Becky G dikenal sebagai aktivis sosial yang berpengaruh, dan memiliki kampanye untuk meningkatkan kesadaran serta kesejahteraan kaum perempuan dan anak-anak. Ia juga merupakan duta besar bagi beberapa organisasi amal, seperti UNICEF dan St. Jude Children’s Research Hospital.

Pada single terbarunya yang berjudul “Mamiii” ia berkolaborasi dengan Karol G untuk menyuarakan bahwa wanita harus memiliki kekuasaan dan tidak boleh lemah. Hingga saat artikel ini ditulis, lagu tersebut telah diputar sebanyak lebih dari 500 juta kali melalui Spotify. Tak heran, dengan pencapaiannya tersebut ia diganjar Impact Award oleh Billboard. Penghargaan tersebut biasanya didapatkan oleh musisi wanita yang menggunakan suaranya untuk memberdayakan dan mengembangkan pemimpin baru masa depan.

2. Doechii – Rising Star Award

Tidak kalah menarik dari nomor sebelumnya, peraih penghargaan di Billboard Women in Music Awards 2023 selanjutnya diramaikan dengan kehadiran Doechii sebagai peraih Rising Star Award. Baru meniti karier pada 2019 lalu, rapper asal Amerika kelahiran 1998 ini telah berhasil melahirkan banyak karya spektakuler. Single-single hitsnya seperti “Persuasive”, “Pro Freak”, “Wat U Seed”, dan “Stressed” berhasil diputar jutaan kali melalui Spotify. Selain itu, ia juga sudah meluncurkan beberapa album lagu seperti Coven Music Sessions, Vol. 1, dan Oh The Place You’ll Go dalam tiga tahun perjalanan kariernya ini.

Baca juga:  18 Jadwal Konser NDX AKA Terbaru 2024: September Full Ambyar!

Meski tidak ada kriteria spesifik yang diungkapkan, biasanya Rising Star Award diberikan pada artis wanita yang baru memulai karier musiknya dan memiliki potensi untuk menjadi bintang besar di masa depan. Dengan berbagai pencapaian yang telah diraih Doechii, penghargaan ini memang layak didapatkannya.

3. Ivy Queen – Icon Award

Lahir di Puerto Rico pada 1972, selama perjalanan kariernya Ivy Queen memiliki kontribusi besar dan berpengaruh dalam industri musik Latin dan Reggaeton. Dia telah memperkenalkan genre ini ke dunia dan membuktikan diri sebagai penyanyi dan penulis lagu yang luar biasa. Selain itu, dia juga telah menjadi panutan dan inspirasi bagi banyak perempuan dalam industri musik dan memperjuangkan hak-hak mereka.

Sejauh ini, total ia telah merilis 16 album dengan puluhan single hits yang telah diputar sebanyak jutaan kali di Spotify. Dengan semua pencapaian tersebut, tak heran kalau Billboard menganugerahkan Icon Award tahun ini pada Ivy Queen. Seperti biasanya, penghargaan tersebut akan dianugerahkan pada artis wanita dengan pencapaian luar biasa, yang telah memberikan kontribusi bersejarah bagi industri dan kesenian.

4. Kim Petras – Chartbreaker Award

Setelah 15 tahun perjalanan kariernya di industri musik dunia, Kim Petras berhasil meraih Chartbreaker Award pada 2023 ini. Single “Unholy” hasil kolaborasi Sam Smith dengan dirinya berhasil membawa Kim meraih penghargaan ini. Sejak pertama kali dirilis pada September 2022, lagu “Unholy” telah diputar lebih dari 700 juta kali di Spotify.

Selain itu, lagu tersebut juga berhasil nangkring di peringkat pertama Billboard Hot 100 selama satu minggu. Hingga saat artikel ini ditulis, lagu Unholy juga masih betah nangkring di sana dengan total sudah 18 minggu berada di dalam chart. Kemampuan Kim Petras untuk memenangkan hati para pendengar dan menembus chart membuat dia layak mendapatkan penghargaan Chartbreaker.

Baca juga:  9 Jadwal ICE BSD 2024: September Ada Konser Kpop!

5. Lainey Wilson – Rulebreaker Award

Lainey Wilson memenangkan Rulebreaker Award dari Billboard Women in Music karena gaya dan suaranya yang unik serta kontribusinya dalam memajukan pesan yang kuat dan memotivasi bagi para pemuda. Ia berhasil memperlihatkan bahwa dirinya tidak terbatas oleh ekspektasi industri musik tradisional dan selalu berusaha mengambil jalan yang berbeda. Dengan keberaniannya dalam mengejar impian dan membawa suara dan pesan yang berbeda ke dunia musik, menjadikan Lainey layak memenangkan penghargaan Rulebreaker.

Sebelumnya penghargaan ini dianugerahkan pada Karol G yang saat ini populer dengan singlenya yang berjudul “Mamiii”. Sedangkan Lainey Wilson sendiri banyak dikenal karena single “Things A Man Oughta Know” yang ia rilis pada 2021 lalu.

6. Lana Del Rey – Visionary Award

Meniti karier musik sejak 18 tahun lalu, siapa yang tak mengenal seorang Lana Del Rey? Terkenal dengan suara khas dan lagu-lagu dengan nuansa old money, Lana Del Rey berhasil diganjar Visionary Award pada tahun ini. Dalam perjalanan kariernya, ia tercatat telah merilis puluhan lagu hits dengan lebih dari 10 album musik dalam diskografinya.

Tidak banyak informasi mengenai Visionary Award yang dikeluarkan oleh Billboard pada gelaran Billboard Women in Music Awards tahun ini. Namun, kemampuan Lana Del Rey dalam menghasilkan banyak single hits yang khas membuat ia layak mendapatkan penghargaan ini.

7. TWICE – Breakthrough Award

Kehadiran Twice pada daftar peraih penghargaan di Billboard Women In Music Awards 2023 cukup mengejutkan. Pasalnya, sejak pertama kali terselenggara di 2007, gelaran penghargaan bergengsi ini baru sekali memberikan penghargaan pada girl band. Tak heran, kehadiran Twice tahun ini banyak mendapat sorotan.

Baca juga:  Fiersa Besari Umumkan Hiatus dari Dunia Musik Mulai 2025

Beranggotakan sembilan wanita cantik dan berbakat, popularitas TWICE semakin tak terbendung selama beberapa tahun terakhir. Meski usianya belum sampai satu dekade, TWICE telah berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi dan merilis puluhan single hits yang telah diputar sebanyak puluhan juta kali melalui berbagai platform streaming musik. Dengan berbagai pencapaian tersebut, tidak mengherankan jika akhirnya TWICE meraih penghargaan bergengsi ini.

Itu dia daftar peraih penghargaan di Billboard Women In Music Awards 2023. Meski sudah ada banyak nama yang akan meraih penghargaan, sebenarnya masih ada satu kategori yang belum diumumkan yaitu peraih Woman of the Year Award 2023. Di tahun sebelumnya, penghargaan tersebut diraih oleh artis wanita muda asal Amerika, Olivia Rodrigo.

Tentu sangat menarik untuk terus mengikuti perkembangan gelaran Billboard Women In Music Awards 2023 ini. Supaya enggak penasaran, stay tune terus di blog Dewatiket.id, ya!

Must Read

Related Articles