7 Manfaat Belajar Sambil Mendengarkan Musik Menurut Para Ahli

Siapa di antara kita yang tidak suka mendengarkan musik? Musik dapat membawa kita ke dunia lain, meningkatkan mood, dan membuat aktivitas sehari-hari lebih menyenangkan. Tak heran, banyak pencinta musik yang merasa kalau musik adalah sahabat terbaik mereka, termasuk ketika sedang belajar. Ada banyak manfaat belajar sambil mendengarkan musik, bukan cuman kamu, para peneliti juga penasaran dengan manfaat yang bisa ditimbulkan. 

Nah, melansir laman Florida National University, belajar sambil mendengarkan musik bisa meredakan stres, mengurangi rasa cemas, membuat kita menjadi lebih produktif, dan masih banyak lagi. Supaya enggak penasaran, simak pembahasan lengkapnya berikut ini. 

Manfaat Belajar Sambil Mendengarkan Musik 

Belajar bisa jadi sesuatu yang membosankan bagi sebagian orang, apalagi kalau kamu harus menghadapi materi pelajaran yang sulit dan memerlukan banyak waktu. Nah, kehadiran musik bisa mengatasi masalah tersebut, dengan lantunan melodi yang indah, kamu bisa menjadi lebih rileks ketika belajar.  

Selain itu, sejumlah penelitian juga menunjukkan kalau manfaat belajar sambil mendengarkan musik bisa didapat karena musik akan mengaktifkan kedua belahan otak secara bersamaan. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah dalam memproses informasi yang diterima ketika belajar. Masih ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan seperti berikut ini. 

1. Meredakan stres 

Ketika mendekati ujian, tingkat stres belajar kamu pasti meningkat tinggi. Di saat seperti ini, kehadiran musik bisa mengatasi tekanan tersebut. Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center menemukan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan bisa membantu pasien jantung menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kecemasan. Hal ini membuktikan kalau musik bukan cuman sekadar hiburan, tapi juga bisa menjadi peredam stres yang efektif. 

Baca juga:  Maliq & D'Essentials Bahas Hati dan AI di Album "Can Machines Fall In Love?"

Baca juga: Musik dan Emosi: Hubungan Keduanya Menurut Psikologi 

Dengan memutar musik favorit, kamu bisa memproses emosi dan memperkuat tekad dalam menghadapi tantangan yang ada. Musik juga bisa membantu kamu mengalihkan fokus dari stres dan tekanan yang ada, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri untuk ujian. 

2. Mengurangi kecemasan 

Ketika tumpukan buku tebal, tugas dan deadline semakin dekat, kecemasan bisa menjadi penghambat terbesar bagi pelajar. Kehadiran musik di sela-sela pelajar bisa menjadi alternatif pijatan lembut di kepala. Hal ini juga diamini oleh sebuah penelitian yang mengatakan kalau “efek musik pada tingkat kecemasan mirip dengan efek dari pijatan”. 

Kalau kamu sedang cemas dengan pelajaran, jangan ragu untuk menggunakan earbud dan mulai memutar musik favoritmu. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan lebih santai, nyaman, dan siap menghadapi semu tantangan. 

3. Meningkatkan produktivitas 

Saat menghadapi situasi tekanan tinggi, seperti minggu final atau pertandingan olahraga yang penting, musik dapat menjadi kunci untuk membantu kamu tampil lebih baik. Penelitian sudah membuktikan kalau mendengarkan musik bisa membantu siswa berubah dari batu bara menjadi berlian, bersinar di bawah tekanan. 

Sebuah studi menemukan, atlet basket dengan performa buruk memiliki tembakan yang lebih baik jika mereka mendengarkan musik ceria terlebih dahulu. Hal ini bukan cuman bekerja untuk olahragawan, kamu yang sedang belajar dalam tekanan juga bisa mendapatkan manfaatnya. 

4. Mengurangi rasa sakit 

Mendengarkan musik ternyata bukan cuman membuat kita merasa senang dan bersemangat, tetapi juga dapat membantu meredakan rasa sakit. Contohnya, ketika kamu sedang mengalami rasa sakit pada pergelangan kaki akibat cedera saat bermain basket, mendengarkan musik bisa membantu kamu untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Baca juga:  11 Lagu Dewa 19 Bintang Lima yang Harus Kamu Tau!

Baca juga: Apa Itu Konser Virtual? Pengertian, Sejarah, dan Kelebihannya

Berdasarkan studi yang dilakukan, musik memiliki kekuatan yang sangat besar bagi tubuh manusia. Mendengarkan musik bisa membantu kamu untuk merilekskan tubuh, menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan otot, dan meningkatkan fokus. Oleh karena itu, manfaat belajar sambil mendengarkan musik bisa dirasakan oleh semua orang karena efeknya yang langsung terasa di tubuh kita.  

5. Membantu otak menjadi lebih fokus 

Sebuah studi yang dilakukan di Stanford menemukan bahwa musik dapat membantu memperkuat kemampuan otak dalam memperhatikan dan membuat prediksi. Para peneliti menggunakan komposisi musik dari abad ke-19 dalam penelitian mereka, dan menemukan bahwa musik memicu area otak yang terlibat dalam memperhatikan dan mengingat informasi. Studi ini menunjukkan bahwa pilihan musik yang tepat dapat berpengaruh pada pemrosesan otak. 

Tidak hanya itu, musik dari Mozart, Bach, dan Beethoven ternyata dapat membantu siswa mengkategorikan informasi dengan lebih baik. Ini sangat membantu bagi siswa dalam proses belajar, terutama saat harus mengingat dan memahami informasi baru. 

6. Meningkatkan fungsi otak 

Manfaat belajar sambil mendengarkan musik yang selanjutnya adalah musik bisa meningkatkan kinerja kognitif kamu. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya, musik membantu fungsi otak kamu. Sebuah studi menemukan, peserta tes yang mendengarkan musik mampu menyelesaikan lebih banyak pertanyaan dengan benar dalam waktu yang ditentukan.  

Aktivitas musik juga berfungsi sebagai latihan kognitif untuk otak yang melatihnya untuk lebih banyak tantangan di masa depan. Jadi, kalau kamu mau meningkatkan kinerja otak saat belajar, pastikan untu meningkatkan keadaan emosi terlebih dahulu dengan mendengarkan musik favoritmu.  

Baca juga:  15 Lagu Galau Indonesia Terbaru 2024 yang Bikin Nangis!

7. Meningkatkan daya ingat 

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya mengapa lebih mudah mengingat lirik lagu daripada tabel periodik unsur. Menurut para ahli, itu karena otak kamu mencari pola untuk lebih memahami, mengingat, dan memproses informasi. Oleh karena itu, produser musik selalu berusaha menciptakan lagu yang enak didengar dan mudah diingat 

Hal ini merupakan salah satu manfaat belajar sambil mendengarkan musik yang bisa kamu dapatkan. Dengan musik yang tepat, daya ingat kamu bisa menjadi lebih kuat. Beberapa kursus bahasa bahkan menggunakan pola musik melodi yang menarik perhatian untuk membantu siswa mengingat kata-kata dan frasa-frasa baru. 

Baca juga: 7 Lagu Hits 90an yang Masih Populer Sampai Sekarang

Jadi, itu lah beberapa manfaat belajar sambil mendengarkan musik yang perlu kamu ketahui. Tentu tidak semua musik bisa menghasilkan manfaat tersebut, agar dampaknya bisa lebih maksimal coba putar lagu-lagu klasik atau lagu favoritmu di dalam playlist. Dengan begitu, proses belajar kamu bisa menjadi lebih fokus, bebas stres, dan menyenangkan. 

Must Read

Related Articles