7 Lagu Imlek Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Putar

Tidak kalah dengan perayaan-perayaan besar lainnya, Tahun Baru Imlek juga selalu disambut dengan meriah setiap tahun. Berbagai makanan khas, upacara agama, dan lagu Imlek ikut meramaikan suasananya. Meski mungkin kurang familier, nyatanya ada banyak sekali lagu-lagu pop klasik yang memiliki tema imlek.

Kebanyakan, lagu-lagu ini dirilis pada dekade 70-80an, cukup lawas memang. Namun, meskipun begitu lagu tahun baru Imlek masih banyak didengar hingga saat ini. Supaya enggak penasaran, berikut adalah daftar lengkapnya.

Daftar Lagu Imlek Terbaik Sepanjang Masa

Mengutip dari berbagai sumber, sebagian besar lagu Imlek terbaik yang ada saat ini berasal dari Hongkong. Ketika Canto-pop mulai populer, lagu-lagu ini menyebar luas dan didengarkan oleh banyak orang. Meski cukup jadul, vibes tahun baru Imlek tetap terasa ketika mendengarkan beberapa lagu berikut ini.

1. Joyful Years

Lagu Imlek pertama yang wajib kamu putar adalah Joyful Years yang ditulis oleh Kwan Sing-yau pada 1977 lalu. Pada awal kemunculannya, lagu ini merupakan bagian dari kompilasi Tahun Baru Imlek yang dinyanyikan oleh penyanyi senior Hongkong Adam Cheng Siu-chau dan Liza Wang Ming-chun.

Meski lagu ini telah berusia lebih dari empat dekade, melodi meriah dan liriknya yang penuh doa keberuntungan menjadikan Joyful Years salah satu lagu Imlek terbaik yang wajib kamu putar saat ini.

2. Fortune God Has Arrived

Bagi orang-orang Hongkong, kekayaan yang besar sama dengan kebahagiaan. Kurang lebih itu lah arti dari ucapan “Kung Hei Fat Choi” yang biasa dikatakan ketika tahun baru Imlek. Melalui pepatah tersebut, penyanyi legendaris Sam Hui koon-kit dari Canto-pop mengubahnya menjadi salah satu lagu Imlek yang paling populer.

Baca juga:  24 Lagu Dewa 19 Versi Cover Terbaik yang Harus Kamu Tahu!

Pertama kali populer pada 1978, lagu ini memiliki makna yang cukup mendalam soal kekayaan. Tembang Fortune God Has Arrived mengajarkan bahwa Dewa Keberuntungan tidak hanya ingin kita menghasilkan uang, tetapi memiliki hati yang baik juga bisa memberi kita karma yang baik.

3. Spring Blossoms

Sama seperti lagu Imlek yang pertama, Spring Blossoms juga ditulis oleh Kwan Sing-yau pada 1977. Jika dibandingkan beberapa lagu sebelumnya, lagu ini memiliki lirik yang lebih puitis soal kebahagiaan dan pertanda baik yang dibawa oleh bunga yang mekar selama musim semi.

Ketika pertama kali dirilis, lagu Spring Blossoms dipopulerkan oleh Cheng dan Wang, tetapi setelah lagunya semakin viral, ada banyak penyanyi lain yang mengcover lagunya. Buat kamu yang sedang kumpul keluarga, lagu ini sangat pas untuk didengarkan bersama.

4. Bless You

Tidak kalah keren dari lagu imlek sebelumnya, tembang Bless You ditulis langsung oleh duo penulis lagu Canto-pop terbaik yang pernah ada yaitu James Wong Jum-sum dan Joseph Koo Kar-fai. Meski sama-sama lawas, Bless You menjadi lagu perayaan modern yang dirilis pada 1980 lalu.

Melodinya yang hidup mengajak para pendengar untuk memiliki pikiran yang positif agar bisa tetap bahagia. Ketika pertama kali dirilis lagu ini dinyanyikan oleh Jenny Tseng sebelum akhirnya menjadi populer dan banyak dibawakan oleh beberapa nama besar Canto-pop pada tahun 1990-an.

5. Prosperity

Sebenarnya lagu Prosperity tidak dibuat untuk menjadi lagu perayaan Imlek. Ketika pertama kali dirilis lagu ini menjadi tema acara TV pada tahun 2007. Namun, lagunya yang penuh semangat dan sarat akan makna menjadikan Prosperity banyak diputar ketika merayakan Tahun Baru Imlek.

Baca juga:  Makna Lagu Angin Rindu - Rony Parulian: Tentang Kehilangan!

Selain karena dibawakan oleh duo rap asal Hongkong, Fama, lagu ini juga menjadi sangat populer karena menampilkan salah satu master feng shui paling terkenal di Hong Kong, Mak Ling-ling. Pokoknya lagu ini ga boleh terlewat dalam playlist lagu Imlek kamu, ya!

6. You Are the Reddest

Dalam budaya Cina, Merah adalah warna yang punya banyak makna positif seperti keberuntungan, popularitas, dan kekayaan. Penulis lagu Wyman Wong menjelaskan hal tersebut secara rinci melalui lirik-lirik yang indah pada lagu You Are the Reddest.

Lagu ini pertama kali dirilis pada 2002 lalu dan dipopulerkan oleh duo pop Twins Gillian Chung Yan-tung dan Charlene Choi Chuek-yin. Kalau kamu melihat video klipnya, lagu ini juga menampilkan mendiang ikon Hong Kong Leslie Cheung Kwok-wing di dalamnya.

7. Burst with Joy

Lagu Burst with Joy awalnya merupakan cover dari lagu Jepang yang dibawakan oleh Mayumi Itsuwa setelah lagu tersebut menjadi sangat ikonik. Makna lagu tersebut sangat sederhana, yaitu mengajak kita untuk meraih momen dan merayakan kebahagiaan ketika Tahun Baru Imlek.

Burst with Joy juga banyak diputar pada acara-acara besar sehingga popularitasnya tetap bertahan hingga ssekarang

Itu dia daftar lagu imlek terbaik sepanjang masa yang wajib kamu putar ketika merayakan Imlek bersama keluarga. Selain itu, jangan lupa juga untuk menikmati berbagai konser musik terbaik dan beli tiket konsernya melalui dewatiket.id sekarang!

Must Read

Related Articles